selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

misteri Bidadari


BIDADARI..!!

mendengar kata ini, siapa yang tidak tertarik. sosok yang begitu di idam idamkan dan sangat misterius, hingga membayangkan akan kecantikan parasnya pun manusia tak akan sanggup. kedudukan nya bagi maklum mulia di syurga seperti yang di janjikan oleh Allah, untuk sementara ini adalah sebagai kabar yang menggembirakan bagi pria -pria sholeh.

Dalam tradisi Jawa, bidadari yang juga disebut hapsari, juga disebut widodari, sedangkan dalam bahasa Bali, bidadari atau apsari dikenal dengan sebutan widyadari atau dedari. Istilah widodari dari Jawa dan widyadari / dedari dari Bali, berasal dari kata vidhyadhari dalam bahasa Sanskerta. Vidhya berarti "pengetahuan", sedangkan dharya berarti "pemilik", "pemakai" atau "pembawa". Istilah Vidhyadhari tersebut kemudian dikenal sebagai "bidadari" dalam bahasa Indonesia modern.Orang Sunda menyebut bidadari dengan nama Pohaci. Dalam agama Hindu dan Buddha, mereka lebih dikenal sebagai apsara.

Gambar bidadari ditemukan dalam beberapa kuil/candi dari zaman Jawa Kuno, sekitar masa Dinasti Sailendra sampai kerajaan Majapahit. Biasanya gambar mereka tidak ditemukan sebagai motif penghias, namun sebagai ilustrasi sebuah cerita dalam wujud relief, contohnya di Borobudur, Mendut, Prambanan, Plaosan, dan Penataran.alam bahsa Sanskerta bidadari adalah : विध्यधरी ; vidhyadharī) atau Apsara pengertiannya adalah makhluk berwujud manusia berjenis kelamin wanita yang tinggal di kahyangan atau surga dalam kepercayaan Hindu. Tugas dan fungsi mereka adalah menjadi penyampai pesan para dewa kepada manusia, sebagaimana para malaikat dalam kepercayaan Semit. Ada kalanya mereka diutus untuk menguji sejauh mana ketekunan seseorang (pria) dalam bertapa, dengan cara mencoba membangunkan para petapa dari tapa mereka. Para bidadari memanfaatkan kecantikan fisik mereka untuk menguji para petapa.


Di Borobudur, bidadari digambarkan sebagai wanita kahyangan yang cantik, dan digambarkan dalam posisi berdiri maupun terbang, biasanya memegang teratai yang mekar, menaburkan daun bunga, atau menenun pakaian kahyangan yang mampu membuat mereka terbang. Candi Mendut di dekat Borobudur menggambarkan sekelompok dewata, makhluk sorgawi yang beterbangan di kahyangan, termasuk bidadari.

Gambar bidadari ditemukan dalam beberapa kuil/candi dari zaman Jawa Kuno, sekitar masa Dinasti Sailendra sampai kerajaan Majapahit. Biasanya gambar mereka tidak ditemukan sebagai motif penghias, namun sebagai ilustrasi sebuah cerita dalam wujud relief, contohnya di Borobudur, Mendut, Prambanan, Plaosan, dan Penataran. Di Borobudur, bidadari digambarkan sebagai wanita kahyangan yang cantik, dan digambarkan dalam posisi berdiri maupun terbang, biasanya memegang teratai yang mekar, menaburkan daun bunga, atau menenun pakaian kahyangan yang mampu membuat mereka terbang. Candi Mendut di dekat Borobudur menggambarkan sekelompok dewata, makhluk sorgawi yang beterbangan di kahyangan, termasuk bidadari.

Secara tradisional, bidadari digambarkan sebagai wanita kahyangan yang menghuni sorga Dewa Indra (Jawa: Kaéndran). Mereka dikenal sebagai pelaksana tugas istimewa, yaitu dikirim ke bumi oleh Indra untuk merayu para pertapa yang mungkin dapat memperoleh kekuatan melebihi para dewa. Tema ini sering muncul dalam tradisi Jawa, misalnya Kakawin Arjunawiwaha, ditulis oleh Mpu Kanwa pada tahun 1030, selama masa pemerintahan Raja Airlangga. Kisah itu bercerita tentang Arjuna, yang sedang berusaha mengalahkan raksasa Niwatakawaca, mencoba bertapa dan bermeditasi. Maka dari itu, Indra mengirim beberapa apsara untuk mengujinya. Bagaimanapun juga, Arjuna dapat mengendalikan nafsunya dan kemudian memperoleh senjata sakti dari para dewa untuk mengalahkan sang raksasa.

Tradisi Hindu-Buddha di Jawa juga mempengaruhi Bali. Dalam tarian Bali, tema tentang wanita kahyangan sering muncul. Tarian seperti misalnya Sang Hyang Dedari dan Legong menggambarkan wanita kahyangan menurut cara mereka. Di keraton Kesultanan Mataram, tradisi menampilkan penari kahyangan dalam tarian masih tetap ada dan tetap bagus. Tarian Bedhaya di keraton-keraton Jawa menampilkan bidadari.

11 coment:

  1. tarecha mengatakan...
     

    ^_^ wiw bidadari... xixi, No Comment, Mbak punyaku masukkin linklove ya ^_^

  2. tarecha mengatakan...
     

    ^_^ wiw bidadari... xixi, No Comment, Mbak punyaku masukkin linklove ya ^_^

  3. Anonim mengatakan...
     

    bidadari wajah dan hatinya

  4. Pakistani matrimonial sites mengatakan...
     

    A word of appreciation for you. The art of doing of writing things is excellent. Keep posting articles like this....
    Pakistan marriage | Pakistani Shadi

  5. visitprobolinggo.com mengatakan...
     

    Bidadari itu cantik apa ganteng see

  6. paket wisata bromo kawah ijen mengatakan...
     

    Sewa Jeep Bromo
    Petik Apel Malang Batu
    paket wisata bromo
    paket wisata malang
    paket wisata kawah ijen
    wisata malang
    wisata kawah ijen
    wisata bromo
    wisata kawah ijen
    bromo tour

  7. paket wisata malang mengatakan...
     

    Paket Wisata Kawah Ijen Baluran 2 Hari 1 Malam
    Paket Wisata bromo papuma 3 hari 2 malam
    Danau Kawah Ijen Blue Fire
    Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi
    Wisata Air terjun madakaripura
    Paket Wisata bromo malang 4 hari 3 malam
    Paket Wisata bromo kawah ijen baluran 3 hari 2 malam
    Paket Wisata kawah ijen bromo malang 4 hari 3 malam
    pantai teluk ijo
    Paket Wisata bromo natal dan tahun baru

  8. paket wisata bromo kawah ijen mengatakan...
     

    paket wisata malang batu city tour 2 hari 1 malam
    omah kayu malang
    Air terjun coban sewu
    Upacara Yadnya kasada Bromo
    paket wisata kawah ijen baluran pantai sukamade 3 hari 2 malam
    pantai rajegwesi banyuwangi
    pantai teluk love jember
    paket wisata bromo malang batu songa rafting 3 hari 2 malam
    paket wisata malang batu taman safari 2 hari 1 malam

  9. paket wisata bromo kawah ijen mengatakan...
     

    sewa jeep bromo
    paket wisata malang
    paket wisata bromo
    paket wisata kawah ijen
    wisata malang
    wisata bromo
    wisata kawah ijen
    bromo tour
    paket wisata bromo malang
    paket wisata bromo kawah ijen

  10. wisata kawah ijen mengatakan...
     

    paket wisata malang
    paket wisata bromo
    paket wisata kawah ijen
    wisata malang
    wisata bromo
    wisata kawah ijen
    bromo tour
    paket wisata bromo malang
    paket wisata bromo kawah ijen

  11. paket wisata kawah ijen mengatakan...
     

    paket wisata bromo
    paket wisata bromo


    Itulah Informasi Paket Wisata, Untuk Pemesanan Paket Wisata Bromo, WIsata Bromo Malang, Wisata Bromo Kawah Ijen dan sewa Jeep Bromo serta Penginapan Bromo silahkan Hubungi Kontak Kami.

Posting Komentar