selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

PRESIDEN IDEAL ADALAH ORANG MUDA..??


WOW…!! Saya suka banget judul postingan di atas…..!!
Presiden adalah orang Muda…!! Beberapa aat yang lalu, sebuah televisi swasta memeprdebatkan malah ini. Saya tertarik.. sangat tertarik. Memilih presiden yang masih muda adalahsebuah ide briliant. Mengapa demikian..?
Pertama, Orang muda secara fisikly adalah sosok yang kuat dan tangguh. Jauh dari alasan “ capek “ dan “ payah “. Kedua, katanya orang muda pikiran dan ide – ienya cukup fresh meski terdadang frontal. Ketiga, Semangat orang muda masih menyala, penuh idealisme dan creativitas. Ada sebuah cakrawala baru.. jika Presiden kita Masih muda… bukan di pimpin oleh Aki – aki atau nini-nini yang sudah renta dan selebihnya disetir oleh yang masih muda…( ironis sekaeee)
Lalu yang menjadi pertanyaan, berapa usia Si “ muda “ yag pantas memimpin…? Tentu bukanlah mereka yang masih “Belia “ dalam segala hal…!! Dan juga bukan yang fresh graduate. Muda… menurut saya adalah, sosok energic, tidak lebih dari 50 tahun, berpendidikan tinggi,dan begitu ekspresionis dalam “ kemudaannya “


Saatnya Indonesia di pimpin oleh Presiden yang masih muda dan segar.. ( kalo bisa yang ganteng sekalian.. hehehehhe ……..ups..!! berarti cowok dong….. just kiding , ModeOn..)
Karena saya setuju banget, dengan ungkapan..,. mengkaryakan anak muda, berarti menggenggam dunia. Soekarno ketika dilantik menjadi Presiden RI pertama, saat itu ia masih muda. Masih fresh.., masih energic..!!, begitu juga dengan soeharto. Tetapi lihat….., karena umur juga telah bertambah dan situasi yang mengharuskan mereka terus duduk di kursi paling empuk se Indonesia…., endingnya juga kurang menyenangkan…
Adolf hitler, atau Bill clinton…adalah sosok yang muda ketika memimpin…, lepas dari masing masing kontrofersi yang melekat di pundak mereka…., tapi kita harus mengakui kepemimpinan mereka memang penuh warna saat masih “ muda “.. !!!
Jadi ingat sama lagu ini…..
“ Pak tua sudahlah… Engkau sudah terlihat lelah .. oo yaaaa …..
Pak tua Sudahlah….. “
Orang muda….., kaanya masih emosional… !! dan kurang matang.
Tapi saya gak setuju…. Matag dan emosional yang masih tinggi bukan tergantung usia.. tetapi apa”isi “ di dalamanya…. Orang yang berisi….., semakin tahu bagaimana ia bertindak… karena menurut saya porang yang bijak itu adalh orang yang tahu kapan dan dimana dia harus bicara dan bertindak…
Jadi sepakat dengan saya….., Milih presiden yang masih muda..???


Read More......

Kontroversi hukuman mati



Sumiarsih…, Menjalani sudah eksekusinya. Nyawanya merenggang di salah satu sniper. Entah peluru sniper mana yang berhasil menghentikan detak jantungnya. Yang jelas, beberapa detik setelah salah satu senapan itu berbunyi, Sumiasih menghadap Tuhannya. Seminggu sebelumnya, LSM ramai ramai berteriak dan hendak mengirim petisi pada presiden untuk mengangguhkan eksekusi pada Pembunuh keluarga Polisi ini dengan mengatasnamakan HAM. Tapi Sumiarsih telah tiada, ( mudah – mudahan Diterima di sisi Tuhannyab , Amien )
Hukuman mati, bukan barang baru di Indonesia. Dalam undang undangpun ada beberapa pasal yang mengatur tentang hukuman mengakhiri nyawa anak manusia ini. Sepekan bahkan sebulan ini kita banyak bicara tentang kontrofersi hukuman mati yang ramai diperdebatkan. Saya bukan Orang hukum. Tetapi hanya ingin bicara dari kacamata awam. Hukuman mati, entah dengan apapun caranya.. gantung, setrum, penggal atau tembak… adalah eksekusi yang mengerikan. Nyawa dibayar nyawa…. Apakah memang begitu seharusnya…..???



Tanggal 10 Oktober adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia. Berbagai alasan dikeluarkan untuk menentang hukuman mati. Alasan utamanya adalah melanggar hak hidup dan tidak memberi kesempatan bagi sang terpidana untuk memperbaiki diri.
Layak atau tidaknya hukuman mati seharusnya ditilik dari kejahatan yang dilakukan. Karena mati sebenarnya adalah urusan Tuhan. Agama islam mengenal hukum Penggal.. sedang dalam kitab perjanjian baru , Tuhan tidak menghalangi hukuman mati. Tetapi sekali lagi.., meletakan hukuman mati dalam perundangan haruslah searif dan sebijak mungkin. Karena Manusia yang membuat aturan. Dan pertanggung jawabannya adalah dengan yang membuat nyawa.
Komnas HAM meminta Hukuman mati di hapuskan. Dengan alasan Hak Asasi Manusia untuk terus hidup, sampai yang memebri nyawa mengambilnya kembali.
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Abdul Hakim Garuda mengatakan, berbagai diskusi di Komnas HAM sendiri menyatakan bahwa segala peraturan yang mencantumkan hukuman mati tidak memiliki landasan konstitusional. ”Produk hukum itu telah berlayar, tidak bersukma,” ujarnya. Kendati begitu, kata dia, sebagian anggota Komnas HAM menganggap hukuman ini dapat dihidupkan oleh kekuasaan karena adanya tekanan emosi publik dan bisa dijatuhkan pada jenis kejahatan luar biasa. ( tempo interaktif )
Amerika, negara liberal yang dikebnal cukup bebas, Pekan lalu memutuskan bahwa seseorang tidak dapat dihukum mati karena kejahatan yang dilakukannya pada saat ia berumur di bawah 18 tahun. Sebelum keluarnya putusan Mahkamah Agung itu, Amerika dan Cina termasuk di antara sedikit negara di dunia yang menghukum mati orang yang belum dewasa.
Empatpuluh delapan negara dan Uni Eropa menulis sepucuk surat kepada Mahkamah Agung Amerika mengenai hukuman mati terhadap anak remaja. Dalam putusannya, antara lain Mahkamah Agung menulis: “Kuatnya tentangan masyarakat internasional terhadap pelaksanaan hukuman mati terhadap remaja, semakin mengukuhkan pendapat Mahkamah Agung dalam melarang hukuman mati terhadap anak remaja”.
Lebih dari separuh negara di dunia melarang hukuman mati. Hanya satu negara di Eropa, yaitu Belarus, yang masih mempertahankan hukuman mati. Delapanpuluh persen dari seluruh hukuman mati yang dilaksanakan di dunia sejak tahun 1976 terjadi di Cina, Iran, Pakistan dan Amerika Serikat. Tahun 2004, Amerika mengeksekusi 59 orang dewasa. Hampir 3,500 orang menunggu pelaksanaan hukuman mati di berbagai penjara di Amerika.
Amerika melarang pelaksanaan hukuman mati selama enam tahun pada awal tahun 1970an, tetapi sejak itu telah mengeksekusi 956 orang. Beberapa tren menunjukkan berkurangnya dukungan pada hukuman mati di Amerika. Jumlah vonis hukuman mati turun lebih dari 50 persen, dan eksekusi turun 40 persen sejak tahun 1999. Pro death penalty activist Peggy Harris Tahun 1994, 80 persen warga Amerika mendukung hukuman mati. Tahun 2004, jumlahnya turun menjadi 67 persen. Kalau responden diberi opsi vonis hukuman penjara seumur hidup, maka dukungan untuk hukuman mati hanya 50 persen. Satu alasan yang mungkin mempengaruhi pendapat warga Amerika mengenai hukuman mati adalah: sejak digunakannya DNA 25 tahun yang lalu, 117 narapidana yang divonis mati telah dibebaskan karena bukti DNA menunjukkan bahwa mereka tidak bersalah.
Tidak mengherankan bahwa semakin banyak orang Amerika memilih hukuman yang masih dapat dibalikkan, tidak seperti hukuman mati. Sebagian besar hukuman mati di Amerika dilaksanakan di empat negara bagian. Sebaliknya, karena setiap negara bagian di Amerika boleh membuat undang-undang sendiri, 12 negara bagian telah melarang hukuman mati. Tahun 2004, negara bagian New York menyatakan hukuman mati melanggar konstitusi. Bahkan di negara bagian Texas, yang telah mengeksekusi 336 orang narapidana sejak tahun 1976, orang mulai bertanya-tanya.
Argumen lama bahwa hukuman mati menjadi penangkal, yang membuat orang berpikir dua kali sebelum membunuh orang lain, dipertanyakan dengan serius. Angket Gallup menunjukkan bahwa 60 persen warga Amerika tidak berpendapat bahwa hukuman mati dapat menjadi penangkal. Delapanpuluh lima persen dari semua hukuman mati di Amerika dilaksanakan di negara-negara bagian di selatan. Tetapi tingkat pembunuhan di negara-negara bagian itu paling tinggi di Amerika. Mahkamah Agung Amerika sejak lama membahas isu ini.
Tahun 1988, Mahkamah Agung menaikkan batas umur orang yang dapat dihukum mati menjadi 16 tahun. Sekarang, batas itu telah dinaikkan menjadi 18 tahun. Tahun 2002, orang yang cacat mental dinyatakan tidak dapat dijatuhi hukuman mati. Seorang tokoh keagamaan Amerika belum lama ini menyatakan keyakinan bahwa tidak lama lagi, hukuman mati akan dilarang di Amerika.
Gimana dengan indonesia???

Read More......

Keajaiban bersedekah


Rasullulah SWA bersabda : “ Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya BALA tidak pernah bisa mendahului SEDEKAH “

Khalifah Ali bin Abi thalib menyatakan “ pancinglah rezeki dengan sedekah. “

Saya masih ingat ketika masih kecil, saat menjelang idul fitri disekolah pasti sudah diumumkan untuk segera membayar zakat fitrah. Ada kebahagiaan sendiri rame rame membawa beras ke sekolah lalu didoakan bersama sama. Saya juga masih ingat guru ngaji saat itu selalu berpetuah untuk rajin bersedekah. Hingga sekarang, pertanyaan yang muncul dan acap kali menggoda kita adalah mengapa harus zakat dan sedekah atau infaq? Dari bahasa rasionalisasinya demikian, sudah susah payah bekerja hasil harta yang didapat kok tidak semua menajdimilik kita ? kenapa harus menyisihkan buat orang lain?. Dari sinilah rupanya rahasi allah SWT menguji asah rasa dan keperdulian sesorang.
Ternyata dibalik seruan bersedekah, terkandung mafaat yang cukup dalam. Ada sebuah keajaiban- keajaiban yang tak bisa dinalar oleh logika,……



Ali ath-thontowi, ulama terkenal dari universitas Alazar sebagaimana dikutip uti kuzen, menyampaikan satu ungkapan indah : “ bila anda membahagiakan saudara anda dengan pemberian , maka Allah akan membahagiakan anda dengan pemberianNya yang tak terduga dan tak pernah anda nantikan “
Dalam suatu riwayat disebutkan, : “ ketika seekor anjing berputar putar di dekat sumur dan ia hampir mati karena kehausan, seorang pelacur dari kaum bani israil muncul dan melihatnya. Ia lalu melepaskan sepatunya untuk mengambil air minum dengannya. Air itu diberikan kepada anjing tersebut. Dengan karunia Allah, lantaran sikapnya itu, Allah mengampuni dosanya dan memberikan rahmad kepadanya
( HR. Bukhari-Muslim )
Ibnu Al-Qayyim dalam kitab Tanbil al ghafilin ( hal 247 ) bertutur : “ susungguhnya sedekah itu dapat membebaskan dari azapnya. Seseorang yang melakukan dosa dan kesalahan , jika segera mau menyusulinya dengan sedekah, niscaya hal itu akan memebsakan ia dari azap. “
Allah SWT berfirman dalam surah al-A’raf ( 7: 156 ) “ RahmadKU meliputi segala sesuatu. Amka akan aku tetapkan rahmadKU untuk orang – orang yang bertaqwa dan menunaikan zakat…”
Berdasarkan hadist hadist nabi dari segala sumber, berikut 7 manfaat bersedekah yang saya tahu,
1. Mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita., menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan.

Khalifah Ali bin Abi thalib menyatakan “ pancinglah rezeki dengan sedekah. “

2. Sedekah dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan emlepaskannya dari kepicikan duni akherat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.
3. Sedekah bisa menyembuhkan penyakit. Menhilangkan kesalahan dan emmebrsihkan kecemaran serta mensucikan dari dosa.
4. Sedekah dapat menunda kematian dan emmeprpanjang umur
5. Sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan
6. Sedekahd apat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka
7. Sedekah memupuk cint akasih terhadap sesama. Serta membuat hidup lebih damai
Semoga kita menjadi insan yang gemar bersedekah……………….


Read More......

Gunung Panderman, Benar benar mati atau hanya mati suri…??


Kalau pergi ke kota Batu.., Yang paling khas adalah melihat gunung kecil bernama Panderman. Gak berlebihan sih kalau dibilang mirip dengan pegunungan di kota hollywood. Gunung yang namanya di adobsi dari nama petinggi panderman bernama Vanderman ini adalah tempat “ penekan “ anak – anak gunung. Jangan heran jika tiap akhir pekan dusun seruk ( salah satu dusun terakhir sebelu m asuk lereng panderman ) penuh lesak dengan para pendaki dari berbagai daerah.



Pengalaman yang paling fantastis adalah ketika malam pergantian tahun baru, nyaris tak ada waktu untuk mendirikan tenda di puncak. Bak pasar kaget, disana sini berdiri tenda tenda kecil bersama api unggun. Wah.. wah… Puncak gunung panderman berubah menjadi sarana vacations yang murah dan indah. Hehehe…. Menyusuri keindahan panderman memang tak ada habisnya. Meski nyaris tak ada lagi tantangan mendaki gunung satu itu. Hanya capek plus peluh saja kalee….
Saya sering berfikir, benrakah gunung yang sering dijadiin vacation pendaki gunung itu adalah gunung mati alisa tidak produktif lagi. Atau…………..?? bebrapa fakta dan kejanggalan di sekitarnya membuat saya berfikir jika gunung panderman sebenranya masih aktif. Atau tidur suri. Artinya… bsia jadi gunung ini sewaktu waktu menajdi aktif. Ini dia bukti bukti yang menunjukkan jika gunung ini bisa jadi masih aktif atau tidur panjang,…..



Kecurigaan saya adalah pada sumber air panas di songoriti. Belum jelas betul dari mana asal sumber air panas tersebut. Tidak dari gunung kawi.. tidak dari gunung arjuno.. ( terlalu jauh malah..heheheh) telusur punya telusur… sumber tersebut berasal dari gunung terdekat, akrena soinggoriti adalah palung atau lembah. Nah.. satu satunya gunung tedekat adalh panderman. Mungkin ini tidak ilmiah.., tetapi bisa kita hitung saja secara logika. Karena songgoriti masih terhitung kaki gunung panderman
Yang kedua.., belum ada pemberitahuan secara resmi atau keterangan resmi tentang status gunung panderman, amti suri, atau benar benar mati…, atau termasuk gunung tidur….
Bila kita melihat puncak gunung panderman yang kelihatan anteng itu…., ada sedikit yang mencurigakan disana. Coba pikir, tidak ada satupun tumbuhan yang bisa menjulang disana. Hanya semak perdu , itupun hanya sesaat hidupnya. Semua tumbuhan disana berwarna cokelat alias mati dulu sebelum tumbuh besar. Dan lagi lagi ini bukan bukti ilmiah….
Just… thinking…
Dan imagining saja… makanya…, jika ada yang membaca postingan ini… tolong doongberbagi info tentang status gunung panderman sebenarnya….
Karena penting untuk Tahu…


Read More......

Eksotika Borobudur……….


Orang Indonesia boleh bangga..!! Candi Borobudur dengan segala legenda dan misterinya mampu menggerakkan bule bule itu untuk menempatkannya di Salah satu keajaiban dunia. (Meski posisinya terus tergeser karena munculnya keajaiban dunia yang lain) Mengapa saya menulis candi yang ditemukan oleh Sir Thomas Stanford Raffles ini…, Karena magnet candi ini mamang luar biasa. Borobudur tak bisa lepas dari misteri. Baik yang bisa diterjemahkan secara nalar maupun yang bersifat ghoib alias metafisika. Konon katanya Keberadaan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah tersebut bukan mustahil di bekas kawasan danau purba karena di kedalaman sekitar 40 meter dari permukaan tanah di kawasan itu saat ini terdapat air asin. Luar biasa bukan..??
Dari segala sumber saya coba tulisakan kembali Candi yang ditemukan tahun 1814 dan tergolong World Wonder Heritage ini.



Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dengan tinggi 34,5 meter dan luas bangunan 123 x 123 meter. Di dirikan di atas sebuah bukit yang terletak kira-kira 40 km di barat daya Yogyakarta, 7 km di selatan Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Sailendra antara tahun 750 dan 842 Masehi. Candi Buddha ini kemungkinan besar ditinggalkan sekitar satu abad setalah dibangun karena pusat kerajaan pada waktu itu berpindah ke Jawa Timur.
Sir Thomas Stanford Raffles menemukan Borobudur pada tahun 1814 dalam kondisi rusak dan memerintahkan supaya situs tersebut dibersihkan dan dipelajari secara menyeluruh. Proyek restorasi Borobudur secara besar-besaran kemudian dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910 dipimpin oleh Dr. Tb. van Erp. Dengan bantuan dari UNESCO, restorasi kedua untuk menyelamatkan Borobudur dilaksanakan dari bulan Agustus 1913 sampai tahun 1983
Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.
Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.
Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.
Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang menunjukkan betapa mahir pembuatnya. Relief itu akan terbaca secara runtut bila anda berjalan searah jarum jam (arah kiri dari pintu masuk candi). Pada reliefnya Borobudur bercerita tentang suatu kisah yang sangat melegenda, yaitu Ramayana. Selain itu, terdapat pula relief yang menggambarkan kondisi masyarakat saat itu. Misalnya, relief tentang aktivitas petani yang mencerminkan tentang kemajuan sistem pertanian saat itu dan relief kapal layar merupakan representasi dari kemajuan pelayaran yang waktu itu berpusat di Bergotta (Semarang).
Keseluruhan relief yang ada di candi Borobudur mencerminkan ajaran sang Budha. Karenanya, candi ini dapat dijadikan media edukasi bagi orang-orang yang ingin mempelajari ajaran Budha. YogYES mengajak anda untuk mengelilingi setiap lorong-lorong sempit di Borobudur agar dapat mengerti filosofi agama Budha. Atisha, seorang budhis asal India pada abad ke 10, pernah berkunjung ke candi yang dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 4 abad sebelum Katedral Agung di Eropa ini.
Berkat mengunjungi Borobudur dan berbekal naskah ajaran Budha dari Serlingpa (salah satu raja Kerajaan Sriwijaya), Atisha mampu mengembangkan ajaran Budha. Ia menjadi kepala biara Vikramasila dan mengajari orang Tibet tentang cara mempraktekkan Dharma. Enam naskah dari Serlingpa pun diringkas menjadi sebuah inti ajaran disebut "The Lamp for the Path to Enlightenment" atau yang lebih dikenal dengan nama Bodhipathapradipa.
Salah satu pertanyaan yang kini belum terjawab tentang Borobudur adalah bagaimana kondisi sekitar candi ketika dibangun dan mengapa candi itu ditemukan dalam keadaan terkubur. Beberapa mengatakan Borobudur awalnya berdiri dikitari rawa kemudian terpendam karena letusan Merapi. Dasarnya adalah prasasti Kalkutta bertuliskan 'Amawa' berarti lautan susu. Kata itu yang kemudian diartikan sebagai lahar Merapi. Beberapa yang lain mengatakan Borobudur tertimbun lahar dingin Merapi.
Dengan segala kehebatan dan misteri yang ada, wajar bila banyak orang dari segala penjuru dunia memasukkan Borobudur sebagai tempat yang harus dikunjungi dalam hidupnya. Selain menikmati candinya, anda juga bisa berkeliling ke desa-desa sekitar Borobudur, seperti Karanganyar dan Wanurejo untuk melihat aktivitas warga membuat kerajinan. Anda juga bisa pergi ke puncak watu Kendil untuk dapat memandang panorama Borobudur dari atas. Tunggu apa lagi? Tak perlu khawatir gempa 27 Mei 2006, karena Borobudur tidak terkena dampaknya sama sekali.
Peneliti geologis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta, Helmy Murwanto melakukan penelitian danau purba Borobudur sejak 1995 hingga saat ini.

Danau purba Borobudur mulai hilang akibat endapan vulkanik dan letusan sejumlah gunung berapi purba seperti Sumbing, Merapi, dan Merbabu. Diperkirakan akhir abad ke-13 danau purba Borobudur itu hilang dan mengakibatkan banyak sungai purba mencari aliran ke tempat lain menuju Laut Selatan.

Read More......