selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

Gunung Panderman, Benar benar mati atau hanya mati suri…??


Kalau pergi ke kota Batu.., Yang paling khas adalah melihat gunung kecil bernama Panderman. Gak berlebihan sih kalau dibilang mirip dengan pegunungan di kota hollywood. Gunung yang namanya di adobsi dari nama petinggi panderman bernama Vanderman ini adalah tempat “ penekan “ anak – anak gunung. Jangan heran jika tiap akhir pekan dusun seruk ( salah satu dusun terakhir sebelu m asuk lereng panderman ) penuh lesak dengan para pendaki dari berbagai daerah.



Pengalaman yang paling fantastis adalah ketika malam pergantian tahun baru, nyaris tak ada waktu untuk mendirikan tenda di puncak. Bak pasar kaget, disana sini berdiri tenda tenda kecil bersama api unggun. Wah.. wah… Puncak gunung panderman berubah menjadi sarana vacations yang murah dan indah. Hehehe…. Menyusuri keindahan panderman memang tak ada habisnya. Meski nyaris tak ada lagi tantangan mendaki gunung satu itu. Hanya capek plus peluh saja kalee….
Saya sering berfikir, benrakah gunung yang sering dijadiin vacation pendaki gunung itu adalah gunung mati alisa tidak produktif lagi. Atau…………..?? bebrapa fakta dan kejanggalan di sekitarnya membuat saya berfikir jika gunung panderman sebenranya masih aktif. Atau tidur suri. Artinya… bsia jadi gunung ini sewaktu waktu menajdi aktif. Ini dia bukti bukti yang menunjukkan jika gunung ini bisa jadi masih aktif atau tidur panjang,…..



Kecurigaan saya adalah pada sumber air panas di songoriti. Belum jelas betul dari mana asal sumber air panas tersebut. Tidak dari gunung kawi.. tidak dari gunung arjuno.. ( terlalu jauh malah..heheheh) telusur punya telusur… sumber tersebut berasal dari gunung terdekat, akrena soinggoriti adalah palung atau lembah. Nah.. satu satunya gunung tedekat adalh panderman. Mungkin ini tidak ilmiah.., tetapi bisa kita hitung saja secara logika. Karena songgoriti masih terhitung kaki gunung panderman
Yang kedua.., belum ada pemberitahuan secara resmi atau keterangan resmi tentang status gunung panderman, amti suri, atau benar benar mati…, atau termasuk gunung tidur….
Bila kita melihat puncak gunung panderman yang kelihatan anteng itu…., ada sedikit yang mencurigakan disana. Coba pikir, tidak ada satupun tumbuhan yang bisa menjulang disana. Hanya semak perdu , itupun hanya sesaat hidupnya. Semua tumbuhan disana berwarna cokelat alias mati dulu sebelum tumbuh besar. Dan lagi lagi ini bukan bukti ilmiah….
Just… thinking…
Dan imagining saja… makanya…, jika ada yang membaca postingan ini… tolong doongberbagi info tentang status gunung panderman sebenarnya….
Karena penting untuk Tahu…


30 coment:

  1. yuli nugrahani mengatakan...
     

    Aku juga tidak tahu status Panderman. Tapi tetap menjadi tempat favorit dimana segala cinta bisa bersemi dengan lampu kelip abadi.

  2. Black_Ghost mengatakan...
     

    Klo gak salah Panderman Itu masih idup kawahnya lek ilmiahnya Doorman atau tidur sementara, lek g salah juga katagory ini juga sangat berbahaya. Jeda gunung meletus yang hanya 10 thn misalnya Kelud ja wes dampak yg d timbulkan sekitar 10 Km dari pusat letusan, trus yang 100 tahun kayak gunung gamalama dampak kerusakannya 30 km, tp liat ja krakatau yang g pernah ngeluarin asap tapi tiba2 meletus tahun 1800-an 50 kilometer lebih malah nenyebabkan sunami dan penutupan atmosppir oleh debu letusannya yang d ilang2 sampai 6 bulan, mending gunung semeru yang tiap hari ngeluarin tenaganya jadi pas meletus g telalu gawat, tapi semakin tenaga itu di simpan semakin dahsyat kekuatan letusannya source (Majalah Intisari tahun 1992)

  3. Upun mengatakan...
     

    sIP................

  4. B_Better Dhondon mengatakan...
     

    Kira2 akhir desember aman g y naek ksana???,...

  5. MAS ARYO mengatakan...
     

    Seng penting Gembiraa Hahahahaa...
    Mampir juga dong Ke Gubuk saya:http://aryokariyantoymailcom.blogspot.com/

  6. MAS ARYO mengatakan...
     

    Mantaaap..seng penting gembiraa..tul nggak hahahahaa....>monggo mampir juga ke gubuk saya yah kawan
    http://aryokariyantoymailcom.blogspot.com/

  7. EKO JEPHANK ARCHITECTUR mengatakan...
     

    Menurut Sejarah dari kepercayaan Hindu : Ketika Gunung Mahameru dari India dipindah ke tanah Jawa, puncaknya terjatuh dan berdiri ampai sekarang bernama Pandermann.
    kalo dilihat dari jajaran gunung yang berderet di sekitarnya ; mulai dari pegunungan 'Putri Tidur', Pandermann, Arjuno, Gunung Kembar, Anjasmoro sampai Welirang....(mereka berderet membuat benteng Kota Malang Raya)artinya mereka semua berkaitan dengan mitos atau cerita Pewayangan yg 'impor' dari tanah India....
    Yg jelas, setiap dipuncak Pandermann....aku merasakan cinta yang begitu besar....(..entah untuk siapa)

  8. bromo mengatakan...
     

    Kapan2 harus ke panderman lagi nih...hampir 8 tahun ga kesini kira2 gmn ya kondisi skr?

  9. Inspiring Outbound mengatakan...
     

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang outbound Malang - Jawa Timur, airsoftgun / paintball dan rafting kasembon.
    silakan kunjungi kami di http://www.outboundindonesia.com

  10. Mohammad Zaki mengatakan...
     

    Aq pengen bngetz naek ke Panderman ,padahal ud 4 thn dimalang .kmrn gagal mo ksna karna cuaca hujan n ktne rawan longsor .Apakah benar bgtu lo musim hujan....???

  11. Inspiring Outbound mengatakan...
     

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang outbound Malang - Jawa Timur, airsoftgun / paintball dan rafting kasembon.
    silakan kunjungi kami di http://www.outboundindonesia.com

  12. ernnaolipphiaa mengatakan...
     

    kaLo 24 maret besok aman gag ya di panderman ?? mupeng :D

  13. ernnaolipphiaa mengatakan...
     

    kaLo 24 maret besok, aman gag ya ke panderman?? mupeng :D

  14. Anonim mengatakan...
     

    setuju sekali batu kayak hollywood, mantap n asik

  15. Rezreza mengatakan...
     

    kl q naek gunung tuh yang asik itu pas deket ma tgl 15hjiri cz bulannya terang.dan dlm bln2 ini cz sdkit ujannya.

  16. nopanngluyur mengatakan...
     

    gimana kondisi rute menuju puncak panderman?

  17. Anonim mengatakan...
     

    kalo jalanan mejunu kesana sih oke aja sob, karena panderman bukan seperti gunung kebanyakan. panderman adalah sebuah gunung kecil tempat untuk mereka yang ingin mendaki dengan medan yang tak seberapa berat. dari arah srebet kita bisa ngojek dengan membayar 10 ribu, lalu kita akan diantar pada "pintu" gunung. disanalah pendakian dimulai. gak butuh waktu berjam jam untuk mencapai puncaknya

  18. ilham9 mengatakan...
     

    btw, misalkan kita bawa spd motor, trus spd motor kita diparkir dmn gan..?
    trus berapa biaya masuknya(biaya masuk ke objek wisata gunung panderman) ?

  19. Anonim mengatakan...
     

    kalo bawa motor bisa dititpin di penduduk setempat gan... kalo tiket masuk gunug gak ade.. ehehehe

  20. Agung mengatakan...
     

    Bulan terbaik untuk mengunjungi panderman adalah mei sampai oktober...
    COz benar2 terasa dinginnya...
    Cuman debu2 sepanjang perjalan cukup mengganggu. So disiapin aja maskernya.

  21. paket wisata mengatakan...
     

    mau berkunjung ke bromo dan malang silahkan hubungi saya

  22. satubumikita mengatakan...
     

    semoga kami bisa mendaki kesana.. salam kenal dr bandung :)

  23. Anonim mengatakan...
     

    California would be the answer for the Black Jack enthusiast. [url=http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm]MBT shoes sale[/url] any kind. These deformities will affect how you carve and how [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant outlet[/url] leverage to make clean cuts. Your knives should be sharpened [url=http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm]Cheap MBT shoes[/url] way down the hardier vegetables and fruits. Furthermore the
    to carve the lid. Use the long knife to cut a pentagon or a hexagon [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant boots[/url] acts and was really a womanizer .He would binge on rum and was [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]NFL Jerseys outlet[/url] him a ten and would like to get another card to improve his hand. [url=http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm]http://www.designwales.org/mbt-outlet.htm[/url] If there is an allegation of abuse, judges may want to place the
    mathematical. Hence, the game has some basic rules that need to [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm[/url] influenced the entire health and wellness awareness of the past [url=http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm]http://www.designwales.org/nfl-outlet.htm[/url] Actually, this is a market innovator in casual wear for instance [url=http://www.designwales.org/isabel-marant-outlet.htm]Isabel Marant boots[/url] No "Black Jack for Dummies" reading is necessary. Everything is

  24. Anonim mengatakan...
     

    jack-o-lanterns sure is fun for me. In this day, almost any image [url=http://www.aravind.org/celine.htm]セリーヌ 通販[/url] authors Jack Canfield and Mark Victor Hansen share with you that [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ(COACH)バッグ[/url] be daunting for some because it makes them sweaty and dirty. [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ(COACH)バッグ[/url] corners, remove the saw and reinsert it where the lines connect.
    sophisticated style. With more than two hundred outlets all over [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ財布[/url] who finds himself over 21 automatically looses the game. Bringing [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]Tory Burch 店舗[/url] TOS for a free membership and free will. David is Chief Talent [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]Tory Burch 店舗[/url] saw or cutting saw. A carving saw is mainly for cutting out fine
    thousand dollars very quickly, the case was taken up by the FBI. [url=http://www.aravind.org/celine.htm]http://www.aravind.org/celine.htm[/url] finished carving the jack-o-lantern, all youll need is the right [url=http://www.aravind.org/toryburch.htm]トリーバーチ バッグ[/url] Jacks Boutique offers their clients truly bespoke tailoring [url=http://www.aravind.org/coach.htm]コーチ(COACH)バッグ[/url] wedding celebrations. Raffles, cocktails and good food are

  25. Anonim mengatakan...
     

    or templates, of images that you could get on the internet. If [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] in several colours but most of the men prefer the one made of [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] A great black jack system will teach you the basic strategies [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] Jack Smatt still live in Jamaica continuing to make their living
    can easily get these in your kitchen. Safety Tip. Sharp knives [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] always on the move, a smart, lively, thoroughly involving doc [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] at least one provides greater general comparisons inside shopper [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] onto the pumpkins surface. A well grinded knife is sensible for
    controls much of the maritime tourism industry in the Caribbean [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] the floor. It would be impossible for anyone to visit their local [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] Players may ask for an extra card until they are satisfied with [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]tory burch outle[/url] extra dots. The more the dots, the easier the carving. Its all

  26. Anonim mengatakan...
     

    players a chance to rake in bigger money. Simple as they may sound, [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]Discount NFL jerseys[/url] those facts. Tony: What has been the most difficult area for [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] dependant upon the cut youre making, cut through each line that [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Beats By Dre Cheap[/url] recognized throughout the world and rrndividuals are confident
    the Devil go if the Devil promises not to allow him into Hell [url=http://www.theaudiopeople.net/nfl.html]Cheap nfl jerseys[/url] thousand dollars very quickly, the case was taken up by the FBI. [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]michael kors bags[/url] is the Jack Jones Newspaper. It is lightweight and at the same [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] you make a documentary," kingpin lobbyist Jack Abramoff, a.k.a.
    as a special outreach to homeschoolers to make sure their rights [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] hard line telephone cable is plugged into the base unit while [url=http://www.theaudiopeople.net/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] discounts or coupons to motivate them to keep coming back. In [url=http://www.theaudiopeople.net/michaelkors.html]michael kors outlet stores[/url] A common problem in many homes that subscribe to satellite

  27. Anonim mengatakan...
     

    excellent issues altogether, you just received a brand new reader.

    What might you recommend in regards to your publish that you
    made some days ago? Any sure?

    Here is my web site tao of badass

  28. Paket Wisata Bromo mengatakan...
     

    Bromo Malang Tour
    Paket Wisata Bromo
    Paket Wisata Bromo Malang
    Bromo Tour

  29. Paket Wisata Bromo mengatakan...
     

    manstapp

  30. bromo tour mengatakan...
     

    Tempat wisata yang bagus dikunjungi.

Posting Komentar