selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

Gunung Panderman, Benar benar mati atau hanya mati suri…??


Kalau pergi ke kota Batu.., Yang paling khas adalah melihat gunung kecil bernama Panderman. Gak berlebihan sih kalau dibilang mirip dengan pegunungan di kota hollywood. Gunung yang namanya di adobsi dari nama petinggi panderman bernama Vanderman ini adalah tempat “ penekan “ anak – anak gunung. Jangan heran jika tiap akhir pekan dusun seruk ( salah satu dusun terakhir sebelu m asuk lereng panderman ) penuh lesak dengan para pendaki dari berbagai daerah.



Pengalaman yang paling fantastis adalah ketika malam pergantian tahun baru, nyaris tak ada waktu untuk mendirikan tenda di puncak. Bak pasar kaget, disana sini berdiri tenda tenda kecil bersama api unggun. Wah.. wah… Puncak gunung panderman berubah menjadi sarana vacations yang murah dan indah. Hehehe…. Menyusuri keindahan panderman memang tak ada habisnya. Meski nyaris tak ada lagi tantangan mendaki gunung satu itu. Hanya capek plus peluh saja kalee….
Saya sering berfikir, benrakah gunung yang sering dijadiin vacation pendaki gunung itu adalah gunung mati alisa tidak produktif lagi. Atau…………..?? bebrapa fakta dan kejanggalan di sekitarnya membuat saya berfikir jika gunung panderman sebenranya masih aktif. Atau tidur suri. Artinya… bsia jadi gunung ini sewaktu waktu menajdi aktif. Ini dia bukti bukti yang menunjukkan jika gunung ini bisa jadi masih aktif atau tidur panjang,…..



Kecurigaan saya adalah pada sumber air panas di songoriti. Belum jelas betul dari mana asal sumber air panas tersebut. Tidak dari gunung kawi.. tidak dari gunung arjuno.. ( terlalu jauh malah..heheheh) telusur punya telusur… sumber tersebut berasal dari gunung terdekat, akrena soinggoriti adalah palung atau lembah. Nah.. satu satunya gunung tedekat adalh panderman. Mungkin ini tidak ilmiah.., tetapi bisa kita hitung saja secara logika. Karena songgoriti masih terhitung kaki gunung panderman
Yang kedua.., belum ada pemberitahuan secara resmi atau keterangan resmi tentang status gunung panderman, amti suri, atau benar benar mati…, atau termasuk gunung tidur….
Bila kita melihat puncak gunung panderman yang kelihatan anteng itu…., ada sedikit yang mencurigakan disana. Coba pikir, tidak ada satupun tumbuhan yang bisa menjulang disana. Hanya semak perdu , itupun hanya sesaat hidupnya. Semua tumbuhan disana berwarna cokelat alias mati dulu sebelum tumbuh besar. Dan lagi lagi ini bukan bukti ilmiah….
Just… thinking…
Dan imagining saja… makanya…, jika ada yang membaca postingan ini… tolong doongberbagi info tentang status gunung panderman sebenarnya….
Karena penting untuk Tahu…


24 coment:

  1. yuli nugrahani mengatakan...
     

    Aku juga tidak tahu status Panderman. Tapi tetap menjadi tempat favorit dimana segala cinta bisa bersemi dengan lampu kelip abadi.

  2. Black_Ghost mengatakan...
     

    Klo gak salah Panderman Itu masih idup kawahnya lek ilmiahnya Doorman atau tidur sementara, lek g salah juga katagory ini juga sangat berbahaya. Jeda gunung meletus yang hanya 10 thn misalnya Kelud ja wes dampak yg d timbulkan sekitar 10 Km dari pusat letusan, trus yang 100 tahun kayak gunung gamalama dampak kerusakannya 30 km, tp liat ja krakatau yang g pernah ngeluarin asap tapi tiba2 meletus tahun 1800-an 50 kilometer lebih malah nenyebabkan sunami dan penutupan atmosppir oleh debu letusannya yang d ilang2 sampai 6 bulan, mending gunung semeru yang tiap hari ngeluarin tenaganya jadi pas meletus g telalu gawat, tapi semakin tenaga itu di simpan semakin dahsyat kekuatan letusannya source (Majalah Intisari tahun 1992)

  3. Upun mengatakan...
     

    sIP................

  4. Fadhony mengatakan...
     

    Kira2 akhir desember aman g y naek ksana???,...

  5. MAS ARYO mengatakan...
     

    Seng penting Gembiraa Hahahahaa...
    Mampir juga dong Ke Gubuk saya:http://aryokariyantoymailcom.blogspot.com/

  6. MAS ARYO mengatakan...
     

    Mantaaap..seng penting gembiraa..tul nggak hahahahaa....>monggo mampir juga ke gubuk saya yah kawan
    http://aryokariyantoymailcom.blogspot.com/

  7. EKO JEPHANK ARCHITECTUR mengatakan...
     

    Menurut Sejarah dari kepercayaan Hindu : Ketika Gunung Mahameru dari India dipindah ke tanah Jawa, puncaknya terjatuh dan berdiri ampai sekarang bernama Pandermann.
    kalo dilihat dari jajaran gunung yang berderet di sekitarnya ; mulai dari pegunungan 'Putri Tidur', Pandermann, Arjuno, Gunung Kembar, Anjasmoro sampai Welirang....(mereka berderet membuat benteng Kota Malang Raya)artinya mereka semua berkaitan dengan mitos atau cerita Pewayangan yg 'impor' dari tanah India....
    Yg jelas, setiap dipuncak Pandermann....aku merasakan cinta yang begitu besar....(..entah untuk siapa)

  8. bromo mengatakan...
     

    Kapan2 harus ke panderman lagi nih...hampir 8 tahun ga kesini kira2 gmn ya kondisi skr?

  9. Mohammad Zaki mengatakan...
     

    Aq pengen bngetz naek ke Panderman ,padahal ud 4 thn dimalang .kmrn gagal mo ksna karna cuaca hujan n ktne rawan longsor .Apakah benar bgtu lo musim hujan....???

  10. ernnaolipphiaa mengatakan...
     

    kaLo 24 maret besok aman gag ya di panderman ?? mupeng :D

  11. ernnaolipphiaa mengatakan...
     

    kaLo 24 maret besok, aman gag ya ke panderman?? mupeng :D

  12. Anonim mengatakan...
     

    setuju sekali batu kayak hollywood, mantap n asik

  13. Rezreza mengatakan...
     

    kl q naek gunung tuh yang asik itu pas deket ma tgl 15hjiri cz bulannya terang.dan dlm bln2 ini cz sdkit ujannya.

  14. Anonim mengatakan...
     

    gimana kondisi rute menuju puncak panderman?

  15. Anonim mengatakan...
     

    kalo jalanan mejunu kesana sih oke aja sob, karena panderman bukan seperti gunung kebanyakan. panderman adalah sebuah gunung kecil tempat untuk mereka yang ingin mendaki dengan medan yang tak seberapa berat. dari arah srebet kita bisa ngojek dengan membayar 10 ribu, lalu kita akan diantar pada "pintu" gunung. disanalah pendakian dimulai. gak butuh waktu berjam jam untuk mencapai puncaknya

  16. ilham9 mengatakan...
     

    btw, misalkan kita bawa spd motor, trus spd motor kita diparkir dmn gan..?
    trus berapa biaya masuknya(biaya masuk ke objek wisata gunung panderman) ?

  17. Anonim mengatakan...
     

    kalo bawa motor bisa dititpin di penduduk setempat gan... kalo tiket masuk gunug gak ade.. ehehehe

  18. Agung mengatakan...
     

    Bulan terbaik untuk mengunjungi panderman adalah mei sampai oktober...
    COz benar2 terasa dinginnya...
    Cuman debu2 sepanjang perjalan cukup mengganggu. So disiapin aja maskernya.

  19. paket wisata mengatakan...
     

    mau berkunjung ke bromo dan malang silahkan hubungi saya

  20. satubumikita mengatakan...
     

    semoga kami bisa mendaki kesana.. salam kenal dr bandung :)

  21. Anonim mengatakan...
     

    excellent issues altogether, you just received a brand new reader.

    What might you recommend in regards to your publish that you
    made some days ago? Any sure?

    Here is my web site tao of badass

  22. Paket Wisata Bromo mengatakan...
     

    Bromo Malang Tour
    Paket Wisata Bromo
    Paket Wisata Bromo Malang
    Bromo Tour

  23. Paket Wisata Bromo mengatakan...
     

    manstapp

  24. bromo tour mengatakan...
     

    Tempat wisata yang bagus dikunjungi.

Posting Komentar



 

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent