selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

PABRIK MAYAT RUSIA


Bicara masalah pabrik dah biasa kali ya..,
tapi gimana kalo pabrik mayat..??
Ups..!!

Gambar ini adalah gambar pabrik mayat di Rusia. Ada sebuah tren di negara atheis ini untuk tidak menguburkan jasad orang yang sudah meninggal.

mereka mengirim jasad tersebut ke sebuah pabrik yang khusus menampung mayat untuk di manfaatkan. misalnya diambil kornea matanya, ginjal, dan organ organ lain.
Organ - organ ini lalu diperdagangkan.
tak hanya dalam negeri tapi juga keluar negeri. konon Pabrik serupa juga terdapat di India. tapi belum jelas kebenarannya. Hiih.. syerem yaa....
buat koleksi gambarnya... berikut..









Read More......

SERAGAM KORUPTOR..


Wah.. KPK punya ide baru neh.. memberi seragam buat para koruptor..!!!
wacana ini begitu di lempar ke masyarakat tanggapannya beragam.
ada yang pro tapi gak sedikit juga yang kontra. katanya pemborosan uang negara lah..., bikin capek lah...
tapi ada juga yang pro dengan alasan biar mereka Beda dan jadi malu dengan perbuatannya. usulan seragampun macem macem .. ada yang disuruh pakai pocong.., disuruh pakai seragam supermen alias celana dalam di luar... hahahhaha

Kalo menurut saya sih... sah sah aja kalee....
Soalnya budaya malu di negara kita neh.. masih kurang.. Coba mereka di kasih kostum dan stample khusus di jidat gitu...., biar mereka kapok dan malu buat korupsi lagi.
jadi biar negara seolah olah " mengentengkan " hukuman para koruptor itu tertepis dengan keseriusan untuk menghilangkan berbagai keisitmewaan yang selama ini nampak untuk para koruptor.
tetapi diata itu semua...., hukuman yang lebih serius dan tidak mencla mencle kayaknya lebih penting kita cermati dari pada sibuk ngurusin masalah kostum yaaa....???

Read More......

Artis naik tahta.


Aduuh... enaknya jadi ARtis.....!!!!
Bondo terkenal..., dilamar partai.. jadi Bupati, jadi walikota.., duduk anteng di parlemen...!!!!

hampir 3 bulan terakhir bangsa kita diwarnai dengan aksi "unjuk kebolehan " para artis yang tiba tiba menjadi "berwibawa " dengan mengusung bendera partainya masing masing untuk ( dengan PD ) maju menjadi pemimpin...!!! (hmmm.... mudah mudahan mereka tidak sedang bermain watak yaa,,,,:D )

Sebut saja untuk kali pertama, Rano karno yang melenggang menjadi "Wakil bupati Tangerang " lalu Marisha haque yang gagal jadi " wakil bupati banten ".nasip serupa lalu menimpa Maudy “Zaenab” Kusnadi, ikut mencalonkan diri menjadi calon Wakil Bupati Kuningan. terus ada dede yusuf sebagai " Wakil Gubernur Jawa Barat " menyusul Saiful jamil yang juga mencalonkan jadi " wakil walikota serang " dicky candra mencalonkan jadi " wakil Bupati, Lalu yang terakhir dari jalur idenpendent Primus yang mencalonkan jadi " wakil bupati ".....kabr paling gress dewi yull juga disebut sebut bakal mencalonkan diri sebagai calon wali kota cirebon......

Loh loh loh.... Kok " Wakil " ...????
yang BUPATI atau WALIKOTA tanpa embel embel "wali " nya manaa...?????

Aduh.. aduh... jangan jangan cuman jadi penggembira neh..??
gak serius..!!! atau hanya dimanfaatkan oleh partai....


Fenomena selebritis jadi pemimpin diawali dengan arnold swazeneger yang menjadi gubernur kalifornia. ( sekedar di garis bawahi bukan wakil gubernur :D ) Dan rupanya rakyat kalifornia percaya arnold tak hanya gape akting. tapi jua memimpin masyarakat kalifornia. patut diacungi jempol...!!

Para artis yang mencalonkan diri jadi kepala daerah, ada baiknya mempelajari keberhasilan Gubernur California Arnold Schwarzenegger adalah artis yang sukes dan gubernur yang berhasil. Di situsnya, informasi keberhasilan Schwarzenegger dimuat lengkap. Setelah menjabat sebagai Gubernur, ia sudah berhasil membuka 680.000 lowongan kerja baru. Hal itu merupakan prestasi yang luar biasa bagi gubernur California. Ia juga gubernur yang mendukung upaya perlindungan iklim di Amerika, sementara pemerintah pusatnya menolak mendukung perlindungan iklim.

Dan agaknya..., Artis indonesia jadi latah....
iseng mencoba.. jadi dan duduk di kursi birokrasi..( siapa yang gak mau .. ya nggak..?? )

Sebenarnya.., saya gak mempermasalahkan status pemimpin kita dari artis, sipil, atau militer. yag penting adalah keseriusannya. Bukan cuman aji mumpung doang. Tapi jika artis kita serius jadi pemimpin mengapa berhentinya hanya sebatas wakil aja..?? mengapa mereka tidak tampil menjadi the first people. jadi presien misalnya.....!!! ini baru semarak. ya nggak..?? masak kalah ama pakar politisi yang sekarang mulai berkoar mencalonkan dirinya jadi the first man indonesia. seperti bung fajroel Rohman, bung Rizal malaranggeng.. dan lainnya....

Para artis yang maju, perlu introspeksi diri secara cermat, apakah ia hanya akan digunakan sebagai “vote getter” semata, atau memang diusulkan karena kemampuan memimpin yang diharapkan. Kalau selama menjadi artis, tidak terlihat tanda-tanda kepemimpinan pada perjalanan karirnya, tentu harus berani mengakui bahwa ia belum siap menjadi calon pemimpin masyarakat. Kepala daerah adalah pemimpin masyarakat, karena itu faktor kepemimpinan adalah sesuatu yang mutlak bagi seorang kepala daerah. Mencalonkan diri harus berani berkaca diri, apakah memang pantas dan mampu menjadi pemimpin masyarakat.

Untuk berhasil menjadi Kepala Daerah, seseorang harus punya kemampuan “lebih”. Ia harus menjadi “manager”nya para manager. Ia harus mampu mengarahkan para manager kota/kabupaten atau propinsi. Pada saat yang sama ia juga harus punya kapasitas melindungi warga yang kesulitan, yang sengsara, yang miskin, mereka yang susah. Menggabungkan kedua kemampuan diatas, bukan main sulitnya. Kepala daerah dituntut memajukan daerahnya dan menciptakan lapangan kerja bagi warganya.

Read More......

KEAJAIBAN MADU


NABI MUHAMMAD BERSABDA..............."
Demi Dia yang jiwaku ditanga- NYA.......... minumlah madu, karena tidak ada rumah yang menyimpan MADU yang tidak dimintakan Rahmad-NYA oleh Malaikat. Jika seseorang minum madu, maka beribu obat memasuki perutnya dan sejuta penyakit akan keluar. Jika seseorang meninggal dan ada madu bersamanya maka api tak kan menyentuh tubuhnya "

Cek cek... saya baru sadar betapa hebatnya madu. Nabi sendiri.........


Nabi sendiri......bisa minum segelas madu dan air setiap pagi saat perut kosong. Jika dicampur dengan air panas, lalu di minum beberapa dosis kecil maka madu dianggap sebagai obat yang paling manjur untuk diare.
" Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia," kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl: 68-69)
du tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran, madu adalah "obat bagi manusia". Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Konferensi tersebut membahas pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari, dan propolis dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter Rumania mengatakan bahwa ia mengujikan madu untuk pengobatan pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh total. Para dokter Polandia juga menyatakan dalam konferensi tersebut bahwa resin lebah dapat membantu penyembuhan banyak penyakit seperti wasir, masalah kulit, penyakit ginekologis, dan berbagai penyakit lainnya.

Dewasa ini, apikultur dan produk lebah telah membuka cabang penelitian baru di negara-negara yang sudah maju dalam hal ilmu pengetahuan. Manfaat madu lainnya dapat dijelaskan di bawah ini:

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

so... mulai hunting madu yaa....) :D

Read More......

PRESIDEN IDEAL ADALAH ORANG MUDA..??


WOW…!! Saya suka banget judul postingan di atas…..!!
Presiden adalah orang Muda…!! Beberapa aat yang lalu, sebuah televisi swasta memeprdebatkan malah ini. Saya tertarik.. sangat tertarik. Memilih presiden yang masih muda adalahsebuah ide briliant. Mengapa demikian..?
Pertama, Orang muda secara fisikly adalah sosok yang kuat dan tangguh. Jauh dari alasan “ capek “ dan “ payah “. Kedua, katanya orang muda pikiran dan ide – ienya cukup fresh meski terdadang frontal. Ketiga, Semangat orang muda masih menyala, penuh idealisme dan creativitas. Ada sebuah cakrawala baru.. jika Presiden kita Masih muda… bukan di pimpin oleh Aki – aki atau nini-nini yang sudah renta dan selebihnya disetir oleh yang masih muda…( ironis sekaeee)
Lalu yang menjadi pertanyaan, berapa usia Si “ muda “ yag pantas memimpin…? Tentu bukanlah mereka yang masih “Belia “ dalam segala hal…!! Dan juga bukan yang fresh graduate. Muda… menurut saya adalah, sosok energic, tidak lebih dari 50 tahun, berpendidikan tinggi,dan begitu ekspresionis dalam “ kemudaannya “


Saatnya Indonesia di pimpin oleh Presiden yang masih muda dan segar.. ( kalo bisa yang ganteng sekalian.. hehehehhe ……..ups..!! berarti cowok dong….. just kiding , ModeOn..)
Karena saya setuju banget, dengan ungkapan..,. mengkaryakan anak muda, berarti menggenggam dunia. Soekarno ketika dilantik menjadi Presiden RI pertama, saat itu ia masih muda. Masih fresh.., masih energic..!!, begitu juga dengan soeharto. Tetapi lihat….., karena umur juga telah bertambah dan situasi yang mengharuskan mereka terus duduk di kursi paling empuk se Indonesia…., endingnya juga kurang menyenangkan…
Adolf hitler, atau Bill clinton…adalah sosok yang muda ketika memimpin…, lepas dari masing masing kontrofersi yang melekat di pundak mereka…., tapi kita harus mengakui kepemimpinan mereka memang penuh warna saat masih “ muda “.. !!!
Jadi ingat sama lagu ini…..
“ Pak tua sudahlah… Engkau sudah terlihat lelah .. oo yaaaa …..
Pak tua Sudahlah….. “
Orang muda….., kaanya masih emosional… !! dan kurang matang.
Tapi saya gak setuju…. Matag dan emosional yang masih tinggi bukan tergantung usia.. tetapi apa”isi “ di dalamanya…. Orang yang berisi….., semakin tahu bagaimana ia bertindak… karena menurut saya porang yang bijak itu adalh orang yang tahu kapan dan dimana dia harus bicara dan bertindak…
Jadi sepakat dengan saya….., Milih presiden yang masih muda..???


Read More......

Kontroversi hukuman mati



Sumiarsih…, Menjalani sudah eksekusinya. Nyawanya merenggang di salah satu sniper. Entah peluru sniper mana yang berhasil menghentikan detak jantungnya. Yang jelas, beberapa detik setelah salah satu senapan itu berbunyi, Sumiasih menghadap Tuhannya. Seminggu sebelumnya, LSM ramai ramai berteriak dan hendak mengirim petisi pada presiden untuk mengangguhkan eksekusi pada Pembunuh keluarga Polisi ini dengan mengatasnamakan HAM. Tapi Sumiarsih telah tiada, ( mudah – mudahan Diterima di sisi Tuhannyab , Amien )
Hukuman mati, bukan barang baru di Indonesia. Dalam undang undangpun ada beberapa pasal yang mengatur tentang hukuman mengakhiri nyawa anak manusia ini. Sepekan bahkan sebulan ini kita banyak bicara tentang kontrofersi hukuman mati yang ramai diperdebatkan. Saya bukan Orang hukum. Tetapi hanya ingin bicara dari kacamata awam. Hukuman mati, entah dengan apapun caranya.. gantung, setrum, penggal atau tembak… adalah eksekusi yang mengerikan. Nyawa dibayar nyawa…. Apakah memang begitu seharusnya…..???



Tanggal 10 Oktober adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia. Berbagai alasan dikeluarkan untuk menentang hukuman mati. Alasan utamanya adalah melanggar hak hidup dan tidak memberi kesempatan bagi sang terpidana untuk memperbaiki diri.
Layak atau tidaknya hukuman mati seharusnya ditilik dari kejahatan yang dilakukan. Karena mati sebenarnya adalah urusan Tuhan. Agama islam mengenal hukum Penggal.. sedang dalam kitab perjanjian baru , Tuhan tidak menghalangi hukuman mati. Tetapi sekali lagi.., meletakan hukuman mati dalam perundangan haruslah searif dan sebijak mungkin. Karena Manusia yang membuat aturan. Dan pertanggung jawabannya adalah dengan yang membuat nyawa.
Komnas HAM meminta Hukuman mati di hapuskan. Dengan alasan Hak Asasi Manusia untuk terus hidup, sampai yang memebri nyawa mengambilnya kembali.
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Abdul Hakim Garuda mengatakan, berbagai diskusi di Komnas HAM sendiri menyatakan bahwa segala peraturan yang mencantumkan hukuman mati tidak memiliki landasan konstitusional. ”Produk hukum itu telah berlayar, tidak bersukma,” ujarnya. Kendati begitu, kata dia, sebagian anggota Komnas HAM menganggap hukuman ini dapat dihidupkan oleh kekuasaan karena adanya tekanan emosi publik dan bisa dijatuhkan pada jenis kejahatan luar biasa. ( tempo interaktif )
Amerika, negara liberal yang dikebnal cukup bebas, Pekan lalu memutuskan bahwa seseorang tidak dapat dihukum mati karena kejahatan yang dilakukannya pada saat ia berumur di bawah 18 tahun. Sebelum keluarnya putusan Mahkamah Agung itu, Amerika dan Cina termasuk di antara sedikit negara di dunia yang menghukum mati orang yang belum dewasa.
Empatpuluh delapan negara dan Uni Eropa menulis sepucuk surat kepada Mahkamah Agung Amerika mengenai hukuman mati terhadap anak remaja. Dalam putusannya, antara lain Mahkamah Agung menulis: “Kuatnya tentangan masyarakat internasional terhadap pelaksanaan hukuman mati terhadap remaja, semakin mengukuhkan pendapat Mahkamah Agung dalam melarang hukuman mati terhadap anak remaja”.
Lebih dari separuh negara di dunia melarang hukuman mati. Hanya satu negara di Eropa, yaitu Belarus, yang masih mempertahankan hukuman mati. Delapanpuluh persen dari seluruh hukuman mati yang dilaksanakan di dunia sejak tahun 1976 terjadi di Cina, Iran, Pakistan dan Amerika Serikat. Tahun 2004, Amerika mengeksekusi 59 orang dewasa. Hampir 3,500 orang menunggu pelaksanaan hukuman mati di berbagai penjara di Amerika.
Amerika melarang pelaksanaan hukuman mati selama enam tahun pada awal tahun 1970an, tetapi sejak itu telah mengeksekusi 956 orang. Beberapa tren menunjukkan berkurangnya dukungan pada hukuman mati di Amerika. Jumlah vonis hukuman mati turun lebih dari 50 persen, dan eksekusi turun 40 persen sejak tahun 1999. Pro death penalty activist Peggy Harris Tahun 1994, 80 persen warga Amerika mendukung hukuman mati. Tahun 2004, jumlahnya turun menjadi 67 persen. Kalau responden diberi opsi vonis hukuman penjara seumur hidup, maka dukungan untuk hukuman mati hanya 50 persen. Satu alasan yang mungkin mempengaruhi pendapat warga Amerika mengenai hukuman mati adalah: sejak digunakannya DNA 25 tahun yang lalu, 117 narapidana yang divonis mati telah dibebaskan karena bukti DNA menunjukkan bahwa mereka tidak bersalah.
Tidak mengherankan bahwa semakin banyak orang Amerika memilih hukuman yang masih dapat dibalikkan, tidak seperti hukuman mati. Sebagian besar hukuman mati di Amerika dilaksanakan di empat negara bagian. Sebaliknya, karena setiap negara bagian di Amerika boleh membuat undang-undang sendiri, 12 negara bagian telah melarang hukuman mati. Tahun 2004, negara bagian New York menyatakan hukuman mati melanggar konstitusi. Bahkan di negara bagian Texas, yang telah mengeksekusi 336 orang narapidana sejak tahun 1976, orang mulai bertanya-tanya.
Argumen lama bahwa hukuman mati menjadi penangkal, yang membuat orang berpikir dua kali sebelum membunuh orang lain, dipertanyakan dengan serius. Angket Gallup menunjukkan bahwa 60 persen warga Amerika tidak berpendapat bahwa hukuman mati dapat menjadi penangkal. Delapanpuluh lima persen dari semua hukuman mati di Amerika dilaksanakan di negara-negara bagian di selatan. Tetapi tingkat pembunuhan di negara-negara bagian itu paling tinggi di Amerika. Mahkamah Agung Amerika sejak lama membahas isu ini.
Tahun 1988, Mahkamah Agung menaikkan batas umur orang yang dapat dihukum mati menjadi 16 tahun. Sekarang, batas itu telah dinaikkan menjadi 18 tahun. Tahun 2002, orang yang cacat mental dinyatakan tidak dapat dijatuhi hukuman mati. Seorang tokoh keagamaan Amerika belum lama ini menyatakan keyakinan bahwa tidak lama lagi, hukuman mati akan dilarang di Amerika.
Gimana dengan indonesia???

Read More......

Keajaiban bersedekah


Rasullulah SWA bersabda : “ Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya BALA tidak pernah bisa mendahului SEDEKAH “

Khalifah Ali bin Abi thalib menyatakan “ pancinglah rezeki dengan sedekah. “

Saya masih ingat ketika masih kecil, saat menjelang idul fitri disekolah pasti sudah diumumkan untuk segera membayar zakat fitrah. Ada kebahagiaan sendiri rame rame membawa beras ke sekolah lalu didoakan bersama sama. Saya juga masih ingat guru ngaji saat itu selalu berpetuah untuk rajin bersedekah. Hingga sekarang, pertanyaan yang muncul dan acap kali menggoda kita adalah mengapa harus zakat dan sedekah atau infaq? Dari bahasa rasionalisasinya demikian, sudah susah payah bekerja hasil harta yang didapat kok tidak semua menajdimilik kita ? kenapa harus menyisihkan buat orang lain?. Dari sinilah rupanya rahasi allah SWT menguji asah rasa dan keperdulian sesorang.
Ternyata dibalik seruan bersedekah, terkandung mafaat yang cukup dalam. Ada sebuah keajaiban- keajaiban yang tak bisa dinalar oleh logika,……



Ali ath-thontowi, ulama terkenal dari universitas Alazar sebagaimana dikutip uti kuzen, menyampaikan satu ungkapan indah : “ bila anda membahagiakan saudara anda dengan pemberian , maka Allah akan membahagiakan anda dengan pemberianNya yang tak terduga dan tak pernah anda nantikan “
Dalam suatu riwayat disebutkan, : “ ketika seekor anjing berputar putar di dekat sumur dan ia hampir mati karena kehausan, seorang pelacur dari kaum bani israil muncul dan melihatnya. Ia lalu melepaskan sepatunya untuk mengambil air minum dengannya. Air itu diberikan kepada anjing tersebut. Dengan karunia Allah, lantaran sikapnya itu, Allah mengampuni dosanya dan memberikan rahmad kepadanya
( HR. Bukhari-Muslim )
Ibnu Al-Qayyim dalam kitab Tanbil al ghafilin ( hal 247 ) bertutur : “ susungguhnya sedekah itu dapat membebaskan dari azapnya. Seseorang yang melakukan dosa dan kesalahan , jika segera mau menyusulinya dengan sedekah, niscaya hal itu akan memebsakan ia dari azap. “
Allah SWT berfirman dalam surah al-A’raf ( 7: 156 ) “ RahmadKU meliputi segala sesuatu. Amka akan aku tetapkan rahmadKU untuk orang – orang yang bertaqwa dan menunaikan zakat…”
Berdasarkan hadist hadist nabi dari segala sumber, berikut 7 manfaat bersedekah yang saya tahu,
1. Mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita., menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan.

Khalifah Ali bin Abi thalib menyatakan “ pancinglah rezeki dengan sedekah. “

2. Sedekah dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan emlepaskannya dari kepicikan duni akherat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.
3. Sedekah bisa menyembuhkan penyakit. Menhilangkan kesalahan dan emmebrsihkan kecemaran serta mensucikan dari dosa.
4. Sedekah dapat menunda kematian dan emmeprpanjang umur
5. Sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan
6. Sedekahd apat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka
7. Sedekah memupuk cint akasih terhadap sesama. Serta membuat hidup lebih damai
Semoga kita menjadi insan yang gemar bersedekah……………….


Read More......

Gunung Panderman, Benar benar mati atau hanya mati suri…??


Kalau pergi ke kota Batu.., Yang paling khas adalah melihat gunung kecil bernama Panderman. Gak berlebihan sih kalau dibilang mirip dengan pegunungan di kota hollywood. Gunung yang namanya di adobsi dari nama petinggi panderman bernama Vanderman ini adalah tempat “ penekan “ anak – anak gunung. Jangan heran jika tiap akhir pekan dusun seruk ( salah satu dusun terakhir sebelu m asuk lereng panderman ) penuh lesak dengan para pendaki dari berbagai daerah.



Pengalaman yang paling fantastis adalah ketika malam pergantian tahun baru, nyaris tak ada waktu untuk mendirikan tenda di puncak. Bak pasar kaget, disana sini berdiri tenda tenda kecil bersama api unggun. Wah.. wah… Puncak gunung panderman berubah menjadi sarana vacations yang murah dan indah. Hehehe…. Menyusuri keindahan panderman memang tak ada habisnya. Meski nyaris tak ada lagi tantangan mendaki gunung satu itu. Hanya capek plus peluh saja kalee….
Saya sering berfikir, benrakah gunung yang sering dijadiin vacation pendaki gunung itu adalah gunung mati alisa tidak produktif lagi. Atau…………..?? bebrapa fakta dan kejanggalan di sekitarnya membuat saya berfikir jika gunung panderman sebenranya masih aktif. Atau tidur suri. Artinya… bsia jadi gunung ini sewaktu waktu menajdi aktif. Ini dia bukti bukti yang menunjukkan jika gunung ini bisa jadi masih aktif atau tidur panjang,…..



Kecurigaan saya adalah pada sumber air panas di songoriti. Belum jelas betul dari mana asal sumber air panas tersebut. Tidak dari gunung kawi.. tidak dari gunung arjuno.. ( terlalu jauh malah..heheheh) telusur punya telusur… sumber tersebut berasal dari gunung terdekat, akrena soinggoriti adalah palung atau lembah. Nah.. satu satunya gunung tedekat adalh panderman. Mungkin ini tidak ilmiah.., tetapi bisa kita hitung saja secara logika. Karena songgoriti masih terhitung kaki gunung panderman
Yang kedua.., belum ada pemberitahuan secara resmi atau keterangan resmi tentang status gunung panderman, amti suri, atau benar benar mati…, atau termasuk gunung tidur….
Bila kita melihat puncak gunung panderman yang kelihatan anteng itu…., ada sedikit yang mencurigakan disana. Coba pikir, tidak ada satupun tumbuhan yang bisa menjulang disana. Hanya semak perdu , itupun hanya sesaat hidupnya. Semua tumbuhan disana berwarna cokelat alias mati dulu sebelum tumbuh besar. Dan lagi lagi ini bukan bukti ilmiah….
Just… thinking…
Dan imagining saja… makanya…, jika ada yang membaca postingan ini… tolong doongberbagi info tentang status gunung panderman sebenarnya….
Karena penting untuk Tahu…


Read More......

Eksotika Borobudur……….


Orang Indonesia boleh bangga..!! Candi Borobudur dengan segala legenda dan misterinya mampu menggerakkan bule bule itu untuk menempatkannya di Salah satu keajaiban dunia. (Meski posisinya terus tergeser karena munculnya keajaiban dunia yang lain) Mengapa saya menulis candi yang ditemukan oleh Sir Thomas Stanford Raffles ini…, Karena magnet candi ini mamang luar biasa. Borobudur tak bisa lepas dari misteri. Baik yang bisa diterjemahkan secara nalar maupun yang bersifat ghoib alias metafisika. Konon katanya Keberadaan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah tersebut bukan mustahil di bekas kawasan danau purba karena di kedalaman sekitar 40 meter dari permukaan tanah di kawasan itu saat ini terdapat air asin. Luar biasa bukan..??
Dari segala sumber saya coba tulisakan kembali Candi yang ditemukan tahun 1814 dan tergolong World Wonder Heritage ini.



Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dengan tinggi 34,5 meter dan luas bangunan 123 x 123 meter. Di dirikan di atas sebuah bukit yang terletak kira-kira 40 km di barat daya Yogyakarta, 7 km di selatan Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Sailendra antara tahun 750 dan 842 Masehi. Candi Buddha ini kemungkinan besar ditinggalkan sekitar satu abad setalah dibangun karena pusat kerajaan pada waktu itu berpindah ke Jawa Timur.
Sir Thomas Stanford Raffles menemukan Borobudur pada tahun 1814 dalam kondisi rusak dan memerintahkan supaya situs tersebut dibersihkan dan dipelajari secara menyeluruh. Proyek restorasi Borobudur secara besar-besaran kemudian dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910 dipimpin oleh Dr. Tb. van Erp. Dengan bantuan dari UNESCO, restorasi kedua untuk menyelamatkan Borobudur dilaksanakan dari bulan Agustus 1913 sampai tahun 1983
Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.
Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.
Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.
Setiap tingkatan memiliki relief-relief indah yang menunjukkan betapa mahir pembuatnya. Relief itu akan terbaca secara runtut bila anda berjalan searah jarum jam (arah kiri dari pintu masuk candi). Pada reliefnya Borobudur bercerita tentang suatu kisah yang sangat melegenda, yaitu Ramayana. Selain itu, terdapat pula relief yang menggambarkan kondisi masyarakat saat itu. Misalnya, relief tentang aktivitas petani yang mencerminkan tentang kemajuan sistem pertanian saat itu dan relief kapal layar merupakan representasi dari kemajuan pelayaran yang waktu itu berpusat di Bergotta (Semarang).
Keseluruhan relief yang ada di candi Borobudur mencerminkan ajaran sang Budha. Karenanya, candi ini dapat dijadikan media edukasi bagi orang-orang yang ingin mempelajari ajaran Budha. YogYES mengajak anda untuk mengelilingi setiap lorong-lorong sempit di Borobudur agar dapat mengerti filosofi agama Budha. Atisha, seorang budhis asal India pada abad ke 10, pernah berkunjung ke candi yang dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 4 abad sebelum Katedral Agung di Eropa ini.
Berkat mengunjungi Borobudur dan berbekal naskah ajaran Budha dari Serlingpa (salah satu raja Kerajaan Sriwijaya), Atisha mampu mengembangkan ajaran Budha. Ia menjadi kepala biara Vikramasila dan mengajari orang Tibet tentang cara mempraktekkan Dharma. Enam naskah dari Serlingpa pun diringkas menjadi sebuah inti ajaran disebut "The Lamp for the Path to Enlightenment" atau yang lebih dikenal dengan nama Bodhipathapradipa.
Salah satu pertanyaan yang kini belum terjawab tentang Borobudur adalah bagaimana kondisi sekitar candi ketika dibangun dan mengapa candi itu ditemukan dalam keadaan terkubur. Beberapa mengatakan Borobudur awalnya berdiri dikitari rawa kemudian terpendam karena letusan Merapi. Dasarnya adalah prasasti Kalkutta bertuliskan 'Amawa' berarti lautan susu. Kata itu yang kemudian diartikan sebagai lahar Merapi. Beberapa yang lain mengatakan Borobudur tertimbun lahar dingin Merapi.
Dengan segala kehebatan dan misteri yang ada, wajar bila banyak orang dari segala penjuru dunia memasukkan Borobudur sebagai tempat yang harus dikunjungi dalam hidupnya. Selain menikmati candinya, anda juga bisa berkeliling ke desa-desa sekitar Borobudur, seperti Karanganyar dan Wanurejo untuk melihat aktivitas warga membuat kerajinan. Anda juga bisa pergi ke puncak watu Kendil untuk dapat memandang panorama Borobudur dari atas. Tunggu apa lagi? Tak perlu khawatir gempa 27 Mei 2006, karena Borobudur tidak terkena dampaknya sama sekali.
Peneliti geologis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta, Helmy Murwanto melakukan penelitian danau purba Borobudur sejak 1995 hingga saat ini.

Danau purba Borobudur mulai hilang akibat endapan vulkanik dan letusan sejumlah gunung berapi purba seperti Sumbing, Merapi, dan Merbabu. Diperkirakan akhir abad ke-13 danau purba Borobudur itu hilang dan mengakibatkan banyak sungai purba mencari aliran ke tempat lain menuju Laut Selatan.

Read More......

ANEKA SATWA LIAR KITA…..PUNAH SUDAH !!!


Beberapa Jenis satwa di Indonesia, dilaporkan sudah mendekati ambang kepunahan. Bahkana da juga diantaranya yang dilaporkan benar benar punah. Ada banyak penyebab kepunahan satwa itu. Tak lain adalah karena manusia sebanyak 99 % dan sisanya karena faktor alam. semua makluk di dunia ini pasti mempunyai manfaat. Dan jika mereka benar benar punah, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkannya.

Mungkin anda pernah lihat film Jurassic Park yang nggambarin kebangkitan satwa satwa jaman purba. Seperti dinosaurus, brontosaurus dan lainnya. Sekarang .., sudah pasti kita nggak bisa melihatnya lagi. Karena satwa satwa itu punah sudah. Salah satu sebabnya karena seleksi alam. Perubahan iklim bumi yang drastic dan naik turunnya permukaan daratan juga mendorong kepunahan spesies masa lampau.

Indonesia kaya akan satwa liar. Diperkirakan sebanyak 300.000 jenis satwa atau sekitar 17 % satwa di dunia ada di Indonesia. Meski luas Indonesia hanya 1,3 %. Bsia dibayangin betapa kayanya Indonesia akan koleksi satwa lairnya bukan? Kekayaan ini dimungkinkan akrena bentuk kepulauan Indonesia serta letak geografis yangdiapit oleh dua benua. Karena kekayaan akan satwa dan tumbuhannya itu, indoensai di kenal sebgai Negara “ Mega biodiversity “ yakni Negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Kekayaan jenis satwa di Indonesia adalah sebagai berikut :
Indonesia menempati peringkat pertama di dunia dalam kekayaan mamalia. Yakni sekitar 515 jenis. 36 % nya adalah satwa yang hanay ditemukan di Indonesia. Dari golongan primate terdapat 36 jenis. 18 % diantaranya adalah epidemic Indonesia.
Selanjutnya Indonesia menempati peringkat keempat di dunia, dalam jumlah burung. Kemudian menduduki peringkat ketiga di dunia dalam jumlah reptile yakni sekitar 600 jenis atau 16 % dari reptil yang ada di dunia. Wah…, bisa dilihat sendiri, Bangsa kita ini memang cukup kaya akan koleksi satwanya bukan…???

Lalu.., kenapa satwa liar kita berangsur berkurang dan mendekati batas kepunahan.., dan beberapa diantaranya dianyatakan punah..??



Kepunahan satwa pada masa sekarang lebih banyak disebabkan oleh manusia. Lebih dari 99 % species yang punah pada saat ini disebabkan oleh kegiatan manusia. Pengaruh kegiatan manusia terhadap satwa ini secara nyata dapat dipelajari dari punahnya mamalia besar di Amerika tara, Amerika selatan dan Australia. Beberapa saat setalah manusia memasuki kawasan tersebut, sekitar 80 % mamalia besarpun menjadi punah. Kepunahan tersebut disebabkan oleh kegiatan berburu dan pembukaan hutan.

Kepunahan satwa liar sebgaian besar disebabkan oleh kerusakan hutan dan perubahan habitat. Hutan hutan kita banyak diubah menjadi pertambangan, perkebunan, pertanian, perumahan hingga industri. Satwa satwa tersebut hanya mempunyai dua pilihan Pndah atau mati.

Sebab yang lainnya adalah kebakaran hutan. Catatan yang ada, hampir tiap tahun, hutan kita terbakar. Kebakaran tersbut
Idak saja membunuh satwa didalamnya. Tetapi juga mematikan berbagai jenis tumbuhan yang bernilai tinggi.

Orang hutan yang hidup di sumatera dan kealimantan telah kehilangan 40 % habitatnya. Owa jawa dan lutung jawa telah kelilangan 95 % habitatnya. Elang jawa yang dikenal sebgai burung garuda kini hidupnya hanya beragantung pada sisa sisa hutan di Indonesia. Populasinya di perkirakan hanya tinggal 1000 ekor saja!!!.

Beberapa kegiatan wisata jgua memicu kepunahan satwa liar. Berubahnya pantai di Bali menajdi hotel , restoran dan tempat pariwisata telah menghilangkan tempat bertelur penyu laut. Kegiatan menyelam dan penurunan jangkar kapal sering merusak terumbu karang. Padahal pertumbuhan terumbu karang sangatlah lamban.

Factor yang lain adalah eksploitasi berlebihan.
Sudah lama masyarakat kita memanfaatkan satwa liar dalam bentuk perburuan. Suku dayak di Kalimantan dan mentawai memanfaatkan satwa liar untuk perburuan.

Factor yang tak kalah mendukung adalah adanya perdagangan satwa liar. Di Indonesia perdagangans atwa liar banayk terjadi di pasar pasar burung yang bukan saja menjual aneka jenis burung namun juga beraneka ragam satwa liar lainnya. Misalnya kucing hutan, ular, kera, orang utan bahkan hariamau. Dan taukah anda, dari mana mereka mendapatkan aneka jenis satwa terssebut? Lebih dari 90 % asal satwa yang diperdagangkan adalah hasil penangkaran. Artinya semakin banyak satwa di pasar semakin banyak pula satwa yang ditangkap dari alam. Dan jika ini terus berlangsung maka kepunahan satwa pun akan segera tiba.

Jika satwa kita telah benar benar punah…, maka aneka jenis kekayaan satwa kita akan hanya menajdi sebuah cerita di masa depan… Sebenarnya jika kita sadar.., harunya kita malu tidak bisa menjaga kelestarian alam yang merupakan titipan anak cucu kita ini.

Punahnya satwa lira adalhkerugian yang teramat besar bagi kehidupan manusia. Karena semua makluk hidup di muka bumi pasti mempnyai peran dan masfaat. Namun kita akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkannya jika aneka satwa tersebut telah punah…



Read More......

Video porno pelajar... LAgi...


Setelah kita pernah disibukkan dengan fenomena video heboh milik YZ dan ME ( disingkat aja yaa… toh dah tahu singkatannya ..heheheheh), trus ada juga foto mesra anggota Dewan dengan mantan sekretarisnya, yang konon katanya foto di kolam renang…, eh tiba tiba telinga kita di sibukkan dengan berita video video heboh yang pelakunya adalah pelajar. Video yang terekam di kamera Ponsel..!!! ( cek cek cek…. Agaknya pelajar kita sudah pandai bikin indie movie yang mereka bintangi sendiri… dan disutradarai sendiri yang pasti……….hehehehhe)

Fenomena video porno dikalangan pelajar emmang bukan hal baru lagi. Kasus – kasus seperti ini penah terjadi sebelumnya. Yang jadi menarik adalah munculnya kasus seperti ini kok bareng bareng, saya masih ingat bunyi narasi di sebuah tayangan berita. Jika pelajar kita latah dan nggak mau kalah dengan anggota dewan. Dan justru para pelajar kita lebih pintar dan lebih hot gaya bercintanya, dai pada gaya yang dilakukan oleh anggota dewan yang cenderung “standart " hehehehhe…




Fenomena apa ini…?? Apakah jaman memang sudah edan kali yaaa… atau ini yang dinamakan effect dari arus informasi tanpa filter itu..?? coba kita berandai andai, jika pelajar era 2000 seperti ini.. gimana yaaa kira kira anak cucu kita kelak…?? Yes, ini adalah Pe- er bagi orangtua. Per saya, pe-er anda, dan pe-er kita semua….

Dulu, waktu masih jadi pelajar, saya paling nggak suka dengan mata pelajaran PMP ( sekarang PPkn ), terus ikut penataran P4 dan mengikuti Pramuka. Pendek kata saya paling gak suka dengan pelajaran yang berbau moral. Tapi sekarang…., saya paham banget mengapa ada pelajaran pelajaran berbau moral gitu…diberikan. Saya pikir kok ada pentingnya juga... Pentingnya adalah untuk mbentengin generasimuda.. dari pengaruh pengaruh liberalisme keparat ini. Meski ke efektifannya perlu dipertanyakan juga sih… hehehehe… tapi setidaknya bisa beri sedikit aja sentuhan moral….

Tak ada yang perlu disesal memang. Toh sudah terjadi. Orang tua sudah kadung malu.. sudah kadung nelongso. Bayangin aja buah hati sing di gadang gadang…., sing di sayang sayang.. , harapan masa depan.., eh ternyata bikin sesuatu yang mencoreng muka. Ironisnya lagi….beberapa palajar yang ketahuan membikin video porno, tersebut rata rata adalah pelajar berprestasi. Walah…………………………..

Waktu itu di kantor teman teman saya pada kasak khusus tentang video pelajar di Denpasar Bali. Terdorong penasaran. Saya juga ikut menyaksikannya. Dan masyaAmpun video itu berisi seorang anak SMP berjilbab bersama pacarnya. Mereka asik masuk ditepi sebuah sungai kecil. Tampaknya video yang satu ini bukan terskenario seperti video yang lagi hebih saat ini. Kalau saya lihat, video tersebut di rekam jauh sekali dari TKP, dan sifatnya canditcamera. Saya melihat anak dua anak SMP itu sangat lugu. Saya melihat adegan demi adegan yang memprihatinkan itu. ( padahal nonton video hot. Gak syur sama sekali.. ) justru malah prihatin. Malah kasihan. Aduh……saya melihat pelajar SMP yangcewek malah terlihat seperti orang bengong.. tidak tampak ia menikmati sama sekali

Sekarang, mari kita coba telaah dengan pikiran jernih dan bijak…
Meski tidak bermaksud menyalahkan dna memeprtanyakan siapa yang salah…, tetapi perlu juga kita bertanya.., mengapa fenomena ini bisa terjadi…

Perlu adanya sinergi antara pemerintah, orang tua, guru, masyarakat dan kita semua menjadi guru dan pembimbing untuk mereka. Tidak saja bagi masa depan mereka , tetapi untuk masa depan kita smeua. Masa depan bangsa ini…..




Read More......

Demontrasi dan Rusuh lagii……………..


Sebenarnya saya masih ngantuk pagi itu. Maklum masih klilipen Euro dini hari tadi. Tetapi , berita di TV memaksa saya untuk melek dan memperhatikan warta itu dengan seksama. Demonstrasi. Lagi lagi Demonstrasi. Dan benar saja. Lagi lagi aksi kali ini dilakukan oleh mahasiswa dan “mahasiswa”
jengah nih… mendengar Demontrasi. Nggak di jakarta, nggak di kota Sendiri. Nggak Mahasiswa, enggak ibu rumah tangga. ada juga anak TK yang diajak guru gurunya untuk melakukan aksi ini.
Busyett….!!
Yang membuat saya melek dan bergumam adalah adegan yang cukup dramatis hasil bidikan eksklusif Trans 7 ( kalo gak salah) seorang mahasiswa terpental karena di tabrak mobil polisi. Mirip di film film yang diperankan standman itu…. Persis banget deh…. Alhasil dari sana, mahasiswa marah, melempari mobil polisi yang melintas tersebut. Dan,,,,, beberapa menit kemudian huru hara.. hara huru berbau anarkispun terjadi….. bntutnya sudah bisa ditebak….. RUSUH..!!!
Demontrasi… dan rusuh lagi. Dan itu terjadi di sentral negara ini.
Agaknya kita sudah lupa akan makna demonstrasi. Apa yang kita sebut dengan parameter penyampaian pendapat ini, sekarang sudah salah kaprah. Oleh oleh dari Demontrasi kini adalah berbagai kerusuan di tanah air. Mengapa jadi begini yaa..??? apakah ini adalah refleksi dari uvoria reformasi..??



Saya lupa apa hari itu. Yang jelas, saya naik mikrolet ke kota malang. Sesampai di dinoyo, yang terkenal macet, tiba tiba sopir dan beberapa penumpang yang rata-rata ibu ibu itu bergumam kesal. Setelah saya coba cari tahu, ternyata beberapa meter di depan ada sebuah demontrasi yang dilakukan oleh segelintir mahasiswa. Sekali lagi segelintir. Tetapi… sudah bisa memacetkan kawasan yang memang terkenal dengan kemacetannya itu. Saya dengerin saja ibu ibu dan pak sopir yang mendadak akrab itu. Intinya mereka mengatakan kekesalannya dengan beberapa demo di tanah air. Salah seorang ibu malah melarang keras anaknya untuk berdemo dengan alasan takut anaknya kenapa kenapa. Jika tetep ikut demo, ibu itu mengancam untuk tidak akan biayai anaknya kuliah. Pak sopir malah mengeluarkan pernyataan ekstream. “ waduh mahasiswa iki ngeropotin ae…, bolak balik demo atas nama rakyat. Tapi malah nggawe repot rakyat... Gawe masalah ae.. lah terus rakyat sing endi sing diwakili..” katanya sambil pasang muka masam. Dalam hati saya tertawa geli. Bener juga sih kalau dipikir. Pak sopir itu ada benarnya juga.
Beberapa aksi demontrasi yang anarkis di tanah air…, apa hasilnya..?? Yang ada malah bikin ketakutan rakyat. Sudah tak ada hasil malah bikin masalah baru. Agaknya upaya kontrol pada pemerintah dengan menggelar aksi demonstrasi itu perlu dipikir dan dikaji ulang… Arinya cari formula baru. Jangan pakai Demontrasi. Karena agaknya Demonstrasi era sekarang lebih gampang di masuki pihak pihak yang tak bertanggung jawab.
Oalah… indonesia sekarang ini lagi susah…!!! Mbok yo ojo ditambahi susah……………!!!


Read More......

JULIA PERES…, BELAH DUREN YUUUKKK…..




Busyet..!!! Setiap melihat infotiment isi beritanya selalu tentang JUPE alias Julia peres dengan aksi belah durennya…!!!

Tak sedikit koment tentang Klip yang nyindir tua tua keladi itu.
Ada yang setuju ada yang mencipir .
tetapi tak sedikit yang pura - pura tak suka tapi merem melek melototin aksi yahud jupe di video klip Belah duren...

Saya aja yang perempuan, salut abis dengan jupe yang begitu terlihat seksi dan
" mengundang" itu….
Ups…!! Jangan pernah berfikir saya nih lesbi atau sebangsanya
Saya masih normal…!!
Sangat normal malah…
Makanya melihat fenomena video klip yang dicekal disana - sini, serta statement mentri pemberdayaan permpuan yang mengeluarkan komentar tegas tetang pelarangan pemberian kondom di Album jupe, saya masih dapat mencoba berfikir jernih.

Negara kita memang paling pinter jika disuruh cekal mencekal..dan kritik mengkritik. Tetapi sayangnya smuanya main hantam kromo.., gebyah uyah, dan main pukul rata. Saat masyarakat mulai menggeliat resah dengan penampilan slebritis kita yang terkadang suka ngawur, bersamaan itu pemerintah pasang kuda - kuda untuk menyusun aksi aksi pencekalan. Sebaliknya, jika tak ada reaksi, pemerintah juga main aksi diem dieman aja..



Kembali ke JUPE.
Jangan kan di suruh goyang, diem aja istri bule italia berusia 28 tahun ini sudah telihat seksi, mengundang dan memaksa laki laki untuk berimajinasi ( lelaki yang berfikir ngeres pasti.., tidak semua lelaki looo…) Makanya begitu heboh ketika JUPE membikin vedeo klip yang menampilkan aksi jupe yang terlihat sensual ( padahal kata jupe biasa biasa aja ). Apalagi isi lagu JUPE yang nyrempet nyrempet.. Dan lebih heboh lagi ketika JUPE menyelipkan kondom di setiap kasetnya. Artinya beli kaset JUPE bonus Kondom. Sontak mentri pemberdayaan wanita, mutia Hatta memberikan larangan keras, dengan tuduhan pelecehan kaum perempuan.
JUPE di tuduh melegalkan seks bebas…!!
Sebaliknya JUPE berkilah, dengan adanya kondom, jupe malah beranggapan jika dengan sisipan kondom, dirinya malah membantu mengkampanyekan anti AIDS dan mencegah penyebarannya.

Fenomena penyisipan item di setiap album. Memang hal biasa. Tidak terlalu istimewa. Anggap saja itu sebagai salah satu trik untuk mendongkrak penjualan. Begitu juga dengan penyisipan kondom. Sebelum JUPE slankpun juga melakukan hal serupa. Tetapi waktu itu slank tak ada masalah. Masalah justru timbul, ketika kodom itu diselipkan di Album JUPE.

Fenomena sensual dalam lagu, mugkin bukan ini yang pertama. Sebelum JUPE, Aura kasih, ada juga artis artis lain yang lebih fenomenal, Inul dara tista yang sampai purik mau pulang kampung dan kapok nyanyi di jakarta segala. Yang membuat saya tak habis pikir adalah, mengapa ketika Trio macan dan artis artis dangdut seronok, serta film film ABG yang banyak mengundang dada, dan paha terputar di jam - jam keluarga. masih banyak anak kecil menonton, tapi….. LOLOS sensor…!!!m Trus kenapa JUPE yang memang dah seksi aja yang dilarang…??? Yang panas - panas lain….????


Read More......

GUN and Roses..kelembutan berbalut Rock


Well.. katanya kita sering salah menilai orang kerap juga ada orang yang hanya sekedar melihat dari tampilan luarnya saja wah.. wah.. wah.. pradikma lama tuch. mungkin nasip seperti itulah yang dialami oleh gun and roses . Siapa yang nggak kenal dengan groub satu ini…. Dibalik raungan gitarnya.., ternyata tersimpan sebuah kelembutan dan kehausan akan belaian kasih sayang orang tua. Mengapa Demikian.?? Ya iyalah.. masing-masing dari mereka.. adalah rata rata berasal dari Keluarga broken home. Gun and roses…., boleh jadi terlihat liar dan tak memperdulikan norma yang berlaku di masyarakat mereka bahkan pernah dijuluki musuh masyarakat nomor wahid. busyet.. !!!

Saya adalah termasuk penggemar pelantun Don’t cry ini…. Gak tahu kenapa, setiap mendengar musik khasnya itu, saya dipaksa untuk menyelami bait demi baitnya… Kata-ktanya seerhana, romatis.. dan nyentuh banget….!! lagu yang paling saya suka adalah sweet child O mine. Lagu ini benar benar menjadi sindiran buat mereka yang masa kecilnya kurang bahagia…..
Terdorong rasa penasaran akan sosok band legendaris yang formasi lamanya telah bubar ini…. Saya mencari banyak artikel tentang mereka dan saya tulis ulang. Tentu saja tulisan ini saya persembahkan untuk anda… pecinta Gun and Roses….



Gun and roses…, terkenal dengan keliarannya…!!! band yang digawangi oleh axel roses ini, pernah diusir dari supermarket karena mereka nampak gembel dan tak punya uang. ngenes.. banget… tapi W. axel Rose, slash, steven adller, duff Mc.Kagan dan izzy stradlin ini / tetap gigih menyatukan mimpi mereka menembus blantika musik rock amerika . kekompakan mereka terjalin karena mereka merasa senasip sepenanggungan, yakni karena masa kecil yang sama- sama tidak pernah indah. mereka melejit saat perhatian dunia hanya berpusat pada pop manis. GN’R tampil sebgai pengusung rock yang membawa sensasi berbeda dalam racikan musik romantis berbalut rock metal .
Sejarah gun n roses dimulai sekitar 1979. Slash waktu itu sudah berada di los angles . kisah perkenalannya dengan steve adler , akibat aksi kemanusiannya , yakni menolong steve yang jatuh dari sketboard . jadilah mereka sahabat dan masuk ke SMP yang sama , Bancroft junior high school. dari sini slash dan steve mulai kenalan sama gitar. Padahal, slash amat sangat tidak suka dan buta sekali memainkan gitar sebelumnya. namun karena ‘ krasan tuman’ ,/ slash bahkan belajar gitar 12 jam setiap hari . meski begitu ia tak pernah ikut kursus gitar dan semacamnya. percaya atau tidak, meski belum pandai main gitar , tapi obsesinya adalah memainkan kunci smoke on the water milik deep purple./ dan itu ia pelajari sendiri kunci- kucinya. salut buat kang slash…!!!

lain slash lain lagi steve . akibat sadar diri tak juga bisa sepiawai slash dalam memainkan gitar, cowok yang pernah dikeluarkan dari sekolah akibat ke- bandelannya ini . coba- coba menggebuk drum . jadilah aksi kompak ini mereka wujudkan dalam groub band Road crew . mereka kemudian pasang iklan mencari pemain bass yang mau bergabung dengan mereka . and.. Duff Mc.Kagan datang sebgai basis untuk mereka. sayangnya road crew tak berumur panjang . mengapa demikian.??
Roadcrew , sebenarnya tidak jelek- jelek amat . gaya musik mereka mirip sama Metalica, hanya tanpa vokal . tapi begitulah … band ini hanya seumur jagung. gara- garanya mereka mencoba mencari peruntungan masing- masing di grub musik yang berbeda . slash misalnya, mencoba mengikuti audisi yang di adakan poison, ia tak lulus karena dianggap kurang keren . ia juga mencoba keberuntungan dengan mendatangi tawaran sebuah iklan milik axl rose dan izzy stradlin . tapi ia juga kandas karena terlelu ngeblues . tapi hubungan mereka tidak berhenti sampai disana. hubungan itu pun tambah hangat saja. suatu hari, izzy dan axl berkunjung ke kediaman slash. merek a memamerkan kaset rekaman band mereka hollywood rose. tak dinyana slash tertarik dengan suara axl. Singkat kata, axl masuk ke L.A guns , tapi akibat masuknya Axl beberapa anggota band seeprti penggepuk drum dan pencabik bassnya purik . mereka memutuskan untuk keluar dari La. Guns . Demikian juga dengan Holiwood roses band , yang ditinggalkan oleh sebagian anggota bandnnya . akibat kekurangan pemain, mereka sepakat untuk menggabungkan dua band , Hollywood rose yang digawangi izzy, dengan La Guns. otomatis mereka juga menggabungkan anggota band yang ada. jadilah formasi Axl Rose, Slash, Izzy Staradlin , duff Mc.Kagan dan steve adler, dalam Gun n Roses. formasi ini terbentuk pada 6 juni 1085. setelah dua hari berlatih, maka gun n roses melakukan penampilan perdananya di Troubador. sesudahnya mereka mulai berkelana dari panggung ke panggung ,sampai akhirnya mereka menemukan markas di ruang studio gardener berukuran 4 x 4 .0 disitulah mereka meletakkan alat band mereka, malangnya ruangan itu memang hanya untuk tidur. tak ada kamar mandi, tak ada dapur, dan.. bocor pula.. !!
Di tempat kumuh dan tak layak itulah gun ‘n roses menggelar konser kecil kecilan setiap akhir pekan . Sedang sehari hari sekumpulan bocah slenge’an ini bekerja srabutan demi mempertahankan hidup. Steve misalnya bekerja sebagai tukang cuci piring, ada juga yang berprofesi sebagai pemotong rumput dan penjual pitzza. dan bahkan, axel selain bekerja sebagai sales telephone, dan penjaga rental video, dibantu slash mereka rela menjadi obyek peneliti UNCLA akibat bahaya merokok /mereka dibayar 8 dolar perjam .

Well.. nasib buruk tak selamanya berkencan dengan mereka. setelah susah-susah senangpun datang menghampiri /.VICKY HAMILTON manager pertama gun ‘n Roses mengajak mereka hijrah ke apartemennya. vicky pun mencarikan kontrak main di klab musik Roxy dan whiskey. Single pertama GN’R yag direkam sendiri Live like a Suicide laku 10 ribu biji tanpa promosi. para pemandu bakat dan produser pun berdatangan . tapi tak satupun yang cocok di hati anak- anak GN’R. mereka malah memanfaatkan ngobrol dengan para produser agar mendapatkan makanan garatis.

than… Singkat kata mereka bertemu dengan TOM ZUTAUT DAN TERESA ensenant dari A &R. kesepakatanpun diraih.GN’R menandatangani kontrak rekaman APPETITE FOR DESTRUCTION pada 25 Maret 1986 . album ini dirilis setahu kemudian . namun sayang hasil penjualannya tak begitu menggembirakan.

Single APPETITE FOR DESTRUCTION membutuhkan waktu sekitar 10 b ulan untuk masuk ke bilboard 100. Kondisi itu baru berubah setelah lagu welcome to the jungle menajdi tema film dead pool yang dibintangi clint eastwood. Setelah peredaran film itu welcome to the junggle sering diudarakan stasiun radio fm. Sedang video klip mereka sering ditayangkan di MTV .
sejak itulah nama GN’R mulai diperhatikan musik dunia .namun sayang insiden demi insiden terjadi sesudahnya. anak – anak GN’R sempat mengamuk setelah pertunjukan di dalas. slash mengahancurkan kamar hotel Double tree, tempat mereka menginap dengan alasan saat itu ia sedang mabuk berat. dan tak hanya itu saja , urusan dengan polisi kembali terjadi saat mereka tampil di cat house. saat itu axl melihat salah satu penonton dipukul oleh petugas keamanan. secara spontan axel langsung turun dan mengahantam petugas keamanaan itu. wah.. wah.. ada ada aja ya….
GN’R memang sudah merebut hati publik rock . merekapun sempat menyamai prestasi ledzeplin pada tahun 1989.


Read More......

Toxoplasma dan Penderitaanya Kaum Perempuan


Banyak yang beranggapan jika hanya kucing yang menjadi sumber penularan penyakit Toxoplasma. Kasian ya… padahal makluk manis ini, tak selamanya menularkan toxoplasma. Saya termasuk penggemar kucing. Sangat gemar malah. Waktu kecil, bobo saya yaa… ama kucing. Entah sudah berapa banyak kucing yang datang dan pergi. Hingga terkahir saya memutuskan untuk berternak kucing persia yang harganya perbiji cukup lumayan buat nraktir makan siang orang sekantor…
Saking akrabnya sama kucing, hingga sebagian teman teman saya menjuluki saya sebagai cat woman. Hahahha…. Tetapi saya suka juga dengan julukan itu….. ( abis gimana lagi wong kenyataannnya saya suka banget ma kucing kok….)
Makanya saya gak rela jika kucing sebagai kambing hitam ( karena kucing bukan kambing..!!) sebagai satu satunya biang toxoplasma. Karena bukan haya kucing saja yang menjadi biangnya. Penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang bernama Toxoplasma gondii ini……………………………….




Toxoplasma berkembang biak di dalam sel darah putih, jaringan parenkhim dan sel endotel dengan cara membelah diri (non-sexual), membentuk tachizoit (bentuk aktif), kemudian bergerombol (jumlahnya sampai ratusan atau ribuan) dalam bentuk in-aktif (Bradizoit). Setelah itu membentuk kista, dalam bentuk inilah parasit akan berdiam diri di dalam jaringan syaraf mata, otot jantung, alat pencernaan dan lain sebagainya.

Pada saluran pencernaan hewan sebangsa kucing, toxoplasma mampu berkembang biak secara sexual dan non-sexual. Oleh sebab itu bangsa kucing disebut induk semang difinitif. Pada kotoran bangsa kucing, toxoplasma ditemukan dalam bentuk telur. Dalam Waktu 48 jam telur itu akan membelah menjadi bentuk bentuk infektif yang disebut sporozoit. Bentuk sporozoit inilah yang berbahaya bagi manusia atau hewan lain jika tertelan melalui makanan atau minuman yang tercemar.
Toxoplasma dalam bentuk tachizoid terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, air liur dan cairan sperma. Mampu ditularkan oleh serangga lewat gigitan. Tachizoit-pun bisa bersarang dicalon telur atau kelenjar susu sehingga tidak menutup kemungkinan telur dan air susupun bisa tertular toxoplasma.

Infeksi oleh toxoplasma tidak menunjukkan gejala klinik secara nyata. Namun bila terinfeksi maka dapat menyebabkan keguguran, radang hati, radang, otot jantung atau kerusakan sistem syaraf pusat. Gejala umum seperti demam, nafsu makan menurun atau gejala seperti sakit flu. Untuk mendeteksi adanya infeksi toxoplasma dalam tubuh dengan cara pemeriksaan antibodi. Kalau untuk hewan sebangsa kucing mendeteksi toxoplasma dengan menemukan adanya telur dalam fesesnya.
Penderita toxoplasma keadaanya akan semakin buruk bila kondisi fisiknya sakit, sehingga kekebalan tubuh semakin menurun, kekurangan gizi, dan dalam keadaan stress. Pada kasus ini kaum perempuan yang paling banyak menderita dan mempunyai resiko tinggi tertular infeksi ini, karena setiap bulan kaum perempuan selalu mengalami menstruasi dan pada saat itu kekebalan tubuh secara alami menurun secara drastis dan kondisi tubuhnya melemah.

Pada keadaan seperti itu, kaum perempuan mempunyai resiko besar untuk tertular penyakit atau mempercepat dan memperbanyak perkembangbiakan bila di dalam tubuhnya sudah terdapat infeksi toxoplasma. Kesulitan memiliki keturunan atau bayi yang dilahirkan memiliki cacat fisik dan mental atau memiliki gangguan pada sistem syaraf pusat.
Bukan berarti kaum laki-laki terbebas dari penyakit ini, asal selalu menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Untuk terhindar dari penyakit toxoplasma memelihara kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan dengan baik. Hidup sehat dan selalu berbahagia, jauh dari stress dan tekanan serta selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah dicuci atau yang telah dimasak dengan benar.
Apabila memelihara kucing dirumah, sebaiknya juga memberi makanan serta minuman yang telah dimasak. Jangan biarkan kucing berburu tikus atau burung liar. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Usahakan menyediakan tempat khusus bagi kucing yaitu kotak berisi pasir kering untuk membuang kotoran dan air kencingnya. Setiap dua hari sekali tempat tersebut diganti atau dibuang tapi sebelumnya harus disiram dengan air panas atau dibersihkan dengan disenfektan dengan tujuan membunuh telur toxoplasma.

Hal yang sangat penting ditekankan bahwa tidak semua kucing berpotensi menularkan toxoplasma, tapi hanya kucing atau hewan lain yang menderita toxoplasma yang menjadi sumber penyakit. Bergaul, memelihara dan memiliki kucing yang sehat tidak akan menyebabkan sakit dan kemandulan.

Read More......

Fenomena GABBY.. Bunuh diri dan lagu….


Anda yang di Malang raya pasti tak asing dengan lagu ini…
“ jauh kau pergi meninggalkan diriku..
Disini aku merindukan dirimu…
Kini ku coba mencari penggantimu….
Namun tak lagi kan seperti dirimu ,, oh kekasih……”

Jika ditilik dari syair dan nadanya. Lagu ini memang terdengar biasa biasa saja. Tak jauh beda dengan lagu lagu cinta lainnya. Tetapi bukan itu yang membuatnya istimewa. Konon lagu yang di ciptakan oleh Gaby, ini di rekam di sebuah HP sesaat sebelum Gaby mengakhiri hidupnya. Alias Bunuh Diri.

Warga malang dikejutkan dengan aksi nekat yang di lakukan gadis belia tersebut. Dalam pesan terakhirnya Gabby ingin jika lagu “ jauh kau pergi “ ciptaaannya itu membooming setelah kepergiannya.
Dan benar saja, Lagu yang juga dinyanyikan oleh caramel tersebut sontak terdengar di setiap chanel radio maupun TV lokal di Malang Raya. Dan gabby pu sontak menjadi bahan kasak kusuk…, dengan banyak versi cerita yang berbeda. Gaby, menurut salah satu kasak kusuk yang saya dengar, sempat juga membuat video klip lagu ciptaannya itu. Lagu ini dipersembahkan untuk kekasihnya yang pergi meninggalakan nya terlebih dahulu. Ada sebuah kerinduan yang tersimpan dengan kuat di lubuk hati Gabby. Sampai akhirnya ia memutuskan utnuk mengakjhiri hiupnya saja !!



Saya memang gak kenal dengan Gabby. Tidak juga tahu persis mengapa cewek itu mengakhir hidupnya dengan kenang-kenangan lagu, yang akhirnya membooming sesuai Keinginan terakhirnya. Tetapi mengetahui hal ini membuat saya miris. Dan gak habis pikir sebenarnya. Begitu dasyatkah arti sebuah cinta jika telah merasuk jauh dalam hati sesorang.. kedasyatannya hingga merengut nyawa dari raga secara paksa.

Padahal kita pun tak berhak atas nyawa.

Saya jadi ingat dengan cerita Rome Juliet. Atau Sampek intai yang sama sama dipisahkan oleh kematian. Cerita ini begitu melekat di masyarakat kita. Entah karena peristiwa tragis yang merupakan ending ceritanya atau karena kisah yang terukir begitu manis.
Saya nggak tahu….
Yang jelas, fenomena gabby yang mengakhiri hidup atas nama cinta adalah salah satu fenomena percintaan pedih mnyusul dua cerita sebelumnya. Dan yang pasti banyak cerita gaby gaby lainnya yang tidak terungkap.

Saya bukanlah pujangga ahli tafsir cinta.., tetapi sebatas yang saya tahu, Cinta memang mempunyai kekuatan luar biasa. Bersamanya kita seperti mempunyai power baru. Merasakannya membuat kita lebih sensitif…, menjadi kekanakan…, romantis…, dan entah apalagi…
Cinta juga mempunyai kekuatan yang luar biasa. Konon kita lebih tergar menghadapi hidup..!! ( ceilaa,,,)
Tetapi sebaliknya…
Jika cinta mulai pergi segalanya berubah. Seperti membalikan telapak tangan. Ada sedih ada benci dan terkadang ada frustasi.
Lalu.., bagaimana dengan gabby….???
IA telah ditinggalkan oleh cinta yang manis..
Hingga nyawa yang begitu berharga ini tertukar sudah…..
( puh…!!! )

Sampai disini saya ingat kata Nabi
Cintailah sekedarnya saja…., karena siapa tahu engkau kelak membencinya..
Dan bencilah sekedarnya saja.., karena siapa tahu kelak kau akan mencintanya…

Ya cinta begitulah ia mengalir. Satu rasa karunia Penciipta yang penuh dengan rahasia..
Datang dan pergi tanpa permisi…, melenakan sekaligus menghancurkan…
Penuh rahasia rasa..
Mencoba memahaminya…
Kita Dipaksa mengakui, jika Tuhan memang Maha perkasa…

Jalanani saja rasa dan keindahannya….
Tetapi pakai juga logika…
Barang kali itu adalah hal terbaik sebgai tameng ntralisir, agar ketika kita tak rapuh jika cinta pergi membawa segala keindahannya………………………………………

Read More......

Pengalamanku bersama ULAR


ULAR….
Aduuuuh…berani taruhan.., pasti banyak yang ogah dengan hewan ini.
Palagi saya……... Ngeriiiiiiiiii…!! Atau dalam bahasa jawa..” Gilooo..!!”
Tapi gimana lagi…, Saya punya keharusan untuk berinteraksi dengan hewan yang satu ini, untuk Liputan CS fauna, yang saat itu temannya adalah Ular.

Gak tanggung tanggung ular yang harus saya pegang adalah jenis ular phyton Afrika yang memang terkenal akan kebuasannya.

Awalnya saya memang takutt luar biasa…
Ngeri melihat tubuh panjang yang licin itu… apalagi jenis ular ini memang tak bisa diem. Agak malu juga ma narasumber saya saat itu. Pikirnya kok mbak ini katrok banget… hehehehe..

Setelah beberapa menit berinteraksi, agak ngeri ngeri gitu akhirnya saya berani juga memegang dan mengendongnya. Melingkarkan tubuh beratnya di leher saya. Eh.. ternyata tidak se ekstream yang saya kira.

Ular itu diem aja.. dan bahkan ia terlihat bersahabat. Asik bermain dengan saya yang manis ini… ( whwheeee... ^-^)



Dari sini saya dapat pengalaman baru. Bener bener baru…
Kejadian itu mematahkan anggapan saya tentang ular yang ganas, buas dan susah diajak bersahabat. Nyatanya ular sama dengan hewan yang lain. Ia gampang diajak bersahabat kok..
Oleh – oleh saya bersama ular.., adalah hasil liputan tentang ular berikut…..
menurut historinya ular termasuk hewan berdarah panas, yang dapat digolongkan sebagai binatang perkasa. Dengan bisa dan kekuatan belit tubuhnya, ia bisa melumpuhkan seekor raja hutan sekalipun. Kita mengenal bermacam – macam jenis ular. Yaitu terdapat kira-kira 141 jenis ular yang berhabitat sama ada di air atau di darat. Dari jumlah ini hanya 16 jenis ular di darat dan 21 jenis ular laut yang dikenal pasti berbisa. Ular tergolong hewan reptilia yang diketahui wujud sejak kira-kira 300 juta tahun yang lalu. Pada jaman dahulu kala, tepatnya di mesir, ular dianggap sebagai Dewa yang bisa mendatangkan hujan. Kepercayaan yang kuat, dengan memuja ular orang bisa menambah kekuatan dan bisa jadi memperbesar wibawa.
Ular dapat hidup di mana-mana saja, kecuali di kawasan kutub. Namun, kebanyakan mereka hidup di kawasan tropika. Kini dipercayai ada 280 spesies ular di seluruh dunia.
Tidak semua ular berbisa. Dari 11 spesies, hanya empat yang berbisa, yaiut, ular kapak, ular laut, ular tedung, dan beberapa jenis ular Coluridae yang mempunyai taring belakang.

Ular terpanjangan di dunia adalah sanca yang mempunyai panjang kurang lebih 18 meter, sedangkan ular terbesar di sandang oleh anaconda hijau yang mempunyai berat kurang lebih 250 kg. Meski ular tidak mempunyai kaki, namun ia bisa berlari dengan kecepatan maksimal 20 km / jam. Dan yang mampu melakukan lari tercepat ini adalah ular black mamba.
Sedangkan ular gabon, adalah ular yang mempunyai taring terpanjang diantara ular – ular lain , yaitu sepanjang 5 cm .


Ular dianggap sebagai hewan tuli. Itu karena tulang pendengaran lebih melekat pada rahang dari pada membran tifoni. Meski demikian ular dapat mendengar suara-suara frekwensi rendah dengan baik. Mereka juga dapat melihat dan menterjemahkan getaran – getaran pada tanah. Saat lidahnya menjulur, lidah mereka dapat merasakan bau jejak binatang, baik dalam air maupun di atas tanah. Nah.. pada saat mereka mencium bau mangsa binatang. Bau tersebut akan disalurkan pada langit – langit mulut. Disana bahan – bahan kimia akan di analisa.
SEJAK dahulu kala, ular telah dikaitkan dengan kejahatan dan kehinaan, maka disebabkan oleh perasaan iniah kebanyakan orang akan merasa geli atau takut terhadap ular. Padahal, ular sebenarnya mempunyai naluri yang cukup kuat untuk menjaga kesetiaan dalam persahabatan. Meski dia juga punya perasaan dendam yang cukup kuat. Ketika ia tersakiti atu terusik, maka ia tidak akan pernah berfikir panjang untuk membalasnya. Tentu hal ini karena ia ingin melindungi diri. Pecaya atau tidak, meski dia sudah mati karena tidak bisa balas dendam, maka teman – teman ularlah yang akan membalaskan dendam. Makanya.. salah satu sisi misterius para ular adalah pada matanya. Melalui matanya ini , ia bisa mengingat siapa saja yang telah menyakitinya. Dan secara naluri, penghelihatannya ini juga akan diketahui oleh temennya. Ihh.. serem ya...
ular umumnya mempunyai pengelihatan yang berkembang dengan baik. Terutama pada kombinasi dari gerakan , bau, dan getaran mangsa mereka. Bahkan satu mitos menjelaskan bahwa, ular dapat menghipnotis masangsanya termasuk manusia.
Untuk bertahan hidup, ular harus pintar menyembunyikan diri dari deteksi predatornya. Ada yang diam saat didekati, ada yang langsung cepat lari menghindar. Apapun metodenya, ular- ular tersebut bisa hidup, karena menghindari deteksi dari predatornya. Wah.. meski tergolong binatang paling perkasa, tapi kalau ketemu sama predator ular menghindar juga loh...

Sebenarnya ular tidak akan menyerang manusia, malah ular sebenarnya takut kepada manusia. Kebanyakan gigitan ular terjadi apabila mereka terkejut, terpijak ataupun tempat kediamannya diganggu oleh manusia. Jadi tindakannya yang kadang agresif menyerang hanya untuk menjaga diri. Jadi sama dengan makluk lainnya. Elakkan daripada cuba menangkap ular atau mengganggu ular.
Berikut berapa tips agar ular tidak trusik oleh kita, baik yang sengaja atau tidak.
• Berhati-hati apabila bekerja di kawasan yang menjadi habitat ular seperti di kawasan sawah padi ataupun semak. Jangan sekali-kali memasukkan, tangan atau kaki ke tempat yang mana dipercayai terdapat ular seperti di celah batu, di bawah tunggul kayu dan sebagainya, sekiranya perlu gunakan kayu terlebih dahulu.
• Sekiranya nampak ular sedang tidur, jangan mengusik atau mengejutkannya. la selalunya akan mematuk sekiranya diganggu.
• Seandainya anda tberjumpa dengan ular, jangan cuba untuk lari, namun berhentilah dan jangan bergerak, maka ular akan berlalu pergi. Kebanyakan ular berbisa keluar pada waktu malam yang panas, oleh itu berhati-hatilah apabila berjlan pada waktu malam. Jangan berjalan dalam gelap, bawalah lampu suluh dan sebagainya.
• Semasa berkhemah, bersihkan sekeliling khemah daripada semak-samun, sampah-sarap ataupun batu-batu terlebih dahulu. Jangan sekali-kali tidur di luar khemah. Kehangatan badan anda akan menarik perhatian ular terutama jenis ular kapak. Buang atau tanam makanan yang tidak habis jauh dari kawasan perkhemahan, kerana makanan yang berserak akan menarik perhatian tikus dan tentunya akan menarik perhatian ular.

Read More......

Anak anak SD itu....


sangat menyenangkan memang… bersama dengan wajah wajah lugu itu. aku menemukan sebuah kedamaian di sana. Wajah tanpa cela, tanpa prasangka. Begitu sederhana. Disini aku merasa menemukan sebuah arti kebahagiaan sesungguhnya. Tahukah kau apa arti sebuah kebahagiaan itu…..




hari itu memang tak begitu terik terasa. Aku kembali berada ditengah tengah komunitas mereka. Medengar jerit tawanya yang lepas tanpa beban. Berlari dengan kaki kaki kecil mereka. Sementra ia tak perduli dengan peluh yag menetes dan membuat seragam kebanggaannya kotor terkena debu. Sementara disudut yang lain, terdapat wajah yang murung. entah apa yang sedang ia pikirkan. Aku melihat tawa disini.. lepas bebas..
kembali bersama dengan komunitas mereka.

Anak anak kecil itu…….
Menyeretku untuk kembali pada masa kecilku.. sekian tahun yang lalu….
Dimana lebih sederhana

Aku lebih suka di kuncir dua dan paling benci bila disuruh sarapan pagi. Entah mengapa aku lebih menyukai hari rabu. Jam setengah enam pagi pintuku telah di gedor oleh bapak. Malas sekali dengan sisa mimpi, aku hanya menggeliat dan memebayangkan rutinitas yang aku benci. Sekolah !!!.

aku termasuk siswa berkatagori biasa biasa saja dalam mata pelajaran sekolah. Tak ada yang istimewa. Entah mengapa aku sangat benci dengan sekolahan. Untung aku tidak bodoh sekarang. Tapi meski demikian aku termasuk murid yang senang sekali dengan sesuatu yang berbau kesenian. Daya hayal ku sangat tinggi. Ya.. menghayal. Semuanya hampir aku lakukan setiap saat. Menghayal jadi orang yang sangat bebas…, menghayal menjadi orang yang super power. .. tapi aku tak pernah berhayal menjadi seoraong cinderela dengan pangerannya. tapi aku bukan gadis tomboy, apalagi menjadi seorang penyuka wanita. Tentu tidak. Aku beginilah adanya. Menjadi yang aku inginkan. meski terkadang aku adalah orang yang susah dimengerti oleh orang- orang disekitarku.

Mungkin benar .. sebagai satu satunya anak perempuan di keluarga ini, aku termasuk sosok yang terkadang ingin selalu di manja atau diperhatikan. Tapi kuyakinkan itu bukan aku yang sekarang. Melalui proses dan pendewasaan diri aku berusaha menjadi perempuan tegar dan mandiri. Sifat bapak yang keras menerapkan pola pola disiplin dengan caranya yang terkadang apriori membuat aku terbiasa menghadapi segala hal yang “ tidak mengenakkan “ di lingkungan sekitarku.

Aku yakin, setiap perjalanan memang selalu saja tak mulus. Terkadang kita harus mendaki bukit yang cukup terjal, tetapi banyak mengeksplore kesejukan dan ke indahan di setiap sudut mata. Tak jarang kita tempuh jalanan tol. Cepat.., lesat, tetapi banyak bahaya juga yang mengancam. Sementara putaran waktu terus bergulir, sementara itu pula banyak jalanan yang harus tertempuh. Suka atau tidak suka….

Begitu juga dengan aku. Ditakdirkan menjadi wanita memang bukan pilihan ku. Karena kita tidak bisa request kepada Tuhan untuk meminta jenis kelamin sebelum terlahir di dunia. Begini aku menjalani hidup, seperti pada alurnya.
Jam masih menunjukkan pukul 7 pagi waktu lonceng itu berdentang. Tanpa di komando anak anak berseragam merah putih itu pun berlarian. Taka sampai sepuluh menit halaman sekolah sudah sepi. Kegaduhan kemudian beralih ke masing – masing kelas mereka. Tapi cuman sebentar. Karena guru – guru mereka telah siap membawa mereka untuk mengarungi samudra ilmu.

Read More......

TAK PERLU TAKUT GUNAKAN KOMPOR KONVEKSI

Mitra perempuan / selamat ya untuk anda yang sudah mendapatkan jatah kompor gas konversi.. // bayangin masak sekarang lebih cepet / bersih dan praktis // tapi .. meski sudah mendapat jatah kompor menggunakan LPG ini / sebagaian mitra perempuan / masih suka mengunakan kompor lamanya yang berbahan kayu dan mitan untuk memasak/ karena alasan belum terbiasa mengunakan kompor gas// sebenarnya / mitra perempuan gak perlu takut menggunakan kompor ini / asal tahu gimana cara meggunakannya // Ranah perempuan menemui ibu sumarni yang merasa terbantukan banget dnegan kompor ini // berikut laporannya //


Mitra perempuan / agaknya pemerintah memang memenuhi janjinya ya… // beberapa hari terakhir kita banyak melihat warga sibuk mendapatkan kompor konversi dari minyak tanah ke Gas LPJ // eh sebelumnya selamat dulu deh… // memasak nantinya akan menjadi lebih mudah dan cepat …// Tapi sayangnya berhenbus isu yang tidak tidak soal kompor ini // ada yang ngomong gak aman lah…/ atau mutunya kurang bagus lah …//

Mitra perempuan / sebenarnya anda gak perlu takut // karena kompor ini memang sudah dipersiapkan untuk bisa digunakan ..// Ranah perempuan menemui ibu Sumarmi dan pak Surateman pasutri warga desa punten yang cenderung lebih memilih memasak dengan menggunakan kompor lamanya yang berbahan kayu bakar// ibu Sumarmi mengaku belum terbiasa dengan kompor gas/ yang baru ia dapatkan dari pemerintah//

Tapi / ibu Sumarmi tidak takut kok …/ memakai kompor gas barunya// malah dia bersukur pemerintah masih mau memberi perhatian bagi warganya//
Nah mitra perempuan / kompor yang sudah dibagikan / bisa anda gunakan dengan membaca buku intruksi penggunaan dan pemasangan kompor gas ini// asal instruksi yang diberikan dilakukan dengan benar / kami pastikan anda akan aman menggunakannya // jadi jangan dianggurin yaa../ kan sayang tuch // selamat mencoba….


Read More......

Strawberi si Buah CINTA


Buah strawberi // ya… strawberry/siapa yang tidak tau dengan buah cantik yang satu ini/di samping bentuknya yang unik seperti hati/rasanya juga luar biasa manis dan segar // tahukah anda bahwa buah yang satu ini juga disebut sebagai buah cinta // pengen tahu manfaat buah strawbery dan mengapa sampai diberi julukan buah cinta segala? //




Strawbery // betuknya unik seperti lambang cinta // warnanya pun merah segar / menggoda siapa saja untuk mencicipinya //

Pada zaman yunani kuno/buah yang satu ini pernah resmi diangkat sebagai lambang dewi cinta karena keberadaan di dalamnya// keindahan cinta waktu itu/dilambangkan oleh warna/rasa/dan kebolehan buah ini/nahh sejak itulah buah ini menjadi terkenal//

Strawberry merupakan tanaman buah herbal / rata-rata memiliki 200 biji kecil per satu buahnya// ada 700-an macamnya //wah banyak sekali yach../Salah satunya adalah spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L// Jenis inilah yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia// termasuk di Indonesia //
Warna merah pada strawberry matang ternyata bukan sekedar warna merah loh// Warna merah itu disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksi yang tinggi// Buah strawberry juga menyimpan nutrisi yang luar biasa// kaya serat/ rendah kalori dan mengandung vitamin C/ folat, potassium/ dan juga dapat menyusutkan kadar kolestrol// hebatnya / buah ini juga dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker//
Buat yang kena sakit gula gak perlu takut makan buah ini // karena strawberry mengandung sedikit gula/dan cocok juga untuk diet dan pengidap diabetes// buah ini juga ampuh melawan encok dan radang sendi/ memutihkan atau membersihkan permukaan gigi/ dan mengandung zat anti alergi dan anti radang//
Kalau sedang diet dan ingin banyak makan makan serat / makanlah strawberi sebanyak 8 butir sehari // selain kebutuhan vitamin C dapat dicukupi / kebutuhan akan serat juga dapat terpenuhi//
Mitra perempuan / Jika Strawberry yang dimakan teratur/juga bermanfaat untuk kecantikan//seperti menghaluskan kulit / membuatnya terlihat lebih cerah dan bersih/dan anti keriput// asiknya juga / strawberi juga sebagai obat anti aging, alias bikin terus awet muda //
Nahh…itulah khasiat buah strawberry//dan hebatnya bukan hanya buahnya yang bermanfaat/ternyata daun strawberry/juga berkhasiat/karena daun strawberry mengandung zat astringent//hasil rebusan daun strawberry jika di minum Tiga hingga empat cangkir air per hari//sangat efektif menghentikan serangan diare//
Dengan banyaknya kegunaan strawberry/ yakinlah bahwa buah ini memang cocok disebut "buah cinta"// Buah yang dapat menjadi kado penuh cinta dari Anda untuk kesehatan tubuh Anda sendiri// selamat mencoba…..


Read More......

Politik dan Demit


Mungkin anda tergelitik dengan judul postingan diatas. Politik dan Demit. Jangankan anda saya pun juga sebenarnya bingung mau kasih judul apa dalam postingan ini. Kok kedengarannya sangat mengada ada dan tak masuk akal. Hehehhe….

Politik.., kita tahulah apa maknanya.
Kalau Demit..??
Katanya demit adalah makluk yang diciptakan di Dimensi lain. bersemayam di ruang lain yang kita tak mungkin dan tak dapat menyentuhnya ( kecuali orang orang yang mengaku bisa bersahabat dengan makluk kasap mata ini ).

Jujur saja, sebenarnya saya ini orangnya licik.., katrok dan penakut. Apalagi jika berhadapan dengan hal hal yang berbau metafisika. Jika habis nonton film horror, pasti katroknya kumat deh.., kemana mana takut sendirian. Walhasil.., saya mesti nyeret nyeret orang di sekitar buat nemenin……

Akhir –akhir ini Saya juga merasa menjadi manusia paling katrok,…!!
Bukan karena nonton film horror, atau habis lihat hal hal yang berbau metafisika.
Saya katrok mendengar.........


Saya juga katrok melihat…akan banyaknya kejadian di nusantara yang membuat miris. Bayangkan, Belum lagi terobati luka saudara kita yang terkena bencana, ditambah pula dengan beberapa kecelakaan beruntun beberapa saat lalu, kini muncul beruntun kasus-kasus baru ditanah air. Masih hangat rasanya bagaimana reaksi penolakan keputusan pemerintah menaikan harga BBm, lalu kita dikejutkan dengan Penyerangan sekelompok masa yang mencatut nama FPI yang akhirnya di buntuti dengan keluarnya SKB yang justru mencuatkan banyak perasaan sakit hati umat islam, Lalu.. kita di paksa untuk mengelus dada akibat ulah mahasiswa yang seharusnya menjadi fungsi control, tetapi malah bikin huru-hara dengan aksi aksi mereka yang anarkis. Lalu sampailah kita pada kasus foto mesra anggota Dewan. Yang kemudian adu argument antara roysuryo sang pakar telematika yang hamper mirip dengan selebritis nerocos dengan “pengetahuan” akan falid tidaknya foto heboh tersebut.
Cek cek cek……………..
Mirip sinetron.
Jika cerita cerita diatas adalah scenario sebuah tayanagn televisi... Sudah diborong kale… piala piala penghargaannya. Begitu hebatnya sang sutradara merancang dan meyusun jalan ceritanya. tapi sayang ini bukan sebuah cerita. Anda siap siap kecewa………
Tapi Buat saya…,
Kejadian ini memang bersutradara alias terskenariokan.
mengapa demikian..? bukan jawaban yang benar benar falid memang, acuhkan saja jika anda tidak suka. tapi ini hanyalah sekedar opini saya semata.
Lihat saja kejadian demi kejadian yang ada di bangsa ini, muaranya cuma satu , kehancuran. Sepertinya anak SD-pun mengerti. memecah belah indonesia adalah hal yang sangat mudah karena keberagaman yang dimilikinya. Keberagaman atas Dasar ,
SARA adalah kebanggaan sekaligus sebuah pintu yang bisa menghantarkan Indonesia pada ujung perpecahan. pada pendahulu bangsa ini pun sangat mewanti wanti akan hal ini. karenanya mengapa dalam rumusan pancasila poin persatuan dan kesatuan di gariskan sangat tajam dalam butir butir yang termaktum di sila ke 3 itu. para founding fathers itu mengerti dan sadar betul jika keberagaman adaalhkekuatan sekaligus titi kelemahan Indonesia.
Coba reset lagi ingatan kita pasca reformasi. Uh... Uforianya sangat terasa. pers begitu bebas menyuarakan haknya yang katanya terbelenggu selama masa soeharto. MAhasiswa yang saat itu mendapat angin, dan menjadi pahlawan atas keberhasilan menumbangkan rezim ordebaru menjadi super heroik. Indonesia seolah lahir kemabali. katanya sih sama persis setelah lepas dari penjajahan berpuluh puluh abad silam ( kalao yang satu ini saya gak tahu betul karena saya gak ngerasain sendiri....)
tapi apa yang terjadi setelah kita masuk pada masa revormasi..??
semua lini terimbas heroiknya... dan menurut saya keblablasen...!!!
sedikit.. sedikit DEMONSTRASI. hingga katrok saya muncul lagi setelah tahu berita di TV tentang Guru guru TK yang mengajak murid murid TK berdemonstrasi. atau ketika ibu ibu rumah tangga mulai unjuk gigi dengan mengeluarkan piring dan peralatan dapur untuk menggelar aksi serupa. Ola.la.la... Demontrasi sudah menjadi makanan sehari hari...!!!
Setelahnya..., apa yang terjadi kemudian..??
Ups.. bangsa ini makin kacau.., semuanya bergerak atas nama kebebasan. dan bahkan katrok Saya menjadi jadi ketika baca berita di koran, seroang janda tewas di bantai perampok di siang hari..., ironisnya rumah janda itu di depan Kantor Polisi..!!!
mungkin kasus terakhir tidak ada hubungannya dengan reformasi. tetapi bukan bermaksud membela pemerintahan orde baru. tapi mari kita bandingkan.., angka kriminalitas di jaman orde baru dan reformasi, angkanya sangat jauh drastis. di era sekarang, para penjahat pun makin berani bergeliat. karena apa..? kaena kekebasan lah....
yang lebih bikin gak habis pikir adalah kebijakan "presiden reformasi" yang menyerukan untuk memanfaatkan hutan secara maksimal.., karena hutan adalah milik rakyat. jadi siapapun bebas mengunakannya. lalu paa yang terjadi. atas nama kebebasan dan reformasi.., hutan kita dibabat habis...!!! dan tidak sampai 10 tahun..,wajah hutan indonesia yang dulu hijau dan nyaris matahari tak bisa menembus.., akhirnya tinggalah kenangan...
dan.. banjir dimana mana.., dan bencana pun melanda...., dan kemiskinan serta kelaparan meraja lela. lah.. wong dilarang aja ada pembalakan, apalagi di suruh...
( cuapek deh....!!! )

Dari sini...,
skenariopun berjalan
Pertama: bikin rakyat indoenesia kelaparan. karena orang lapar cepat marah.., orang marah gak pakai akal sehat...
kedua : bikin rakyat indonesia tambah miskin. Orang miskin dan kepepet katanya suka nekat. makanya kriminal meraja lela..,
ketiga : bikin rakyat indonesia jadi bodoh. Caranya, kasih aja tontonan tontonan tak bermutu. jejali dengan sinetron yang mengumbar kemewahan..., sadisme, erotisme, dan yang besifat pembodohan lain... kalau biasa melihat orang jahat, gak salah juga kalo kita berbuat jahat kan...?
keempat: bikin rakyat indonesia SAKIT. caranya, banyak..!! bsia melalui minyak goreng campur oli.., pewarna makanan dari warna kain.., produk kadaluarsa..., dll
kelima : bikin generasi indonesia kacau. caranya, gampang. jejali dengan narkoba. masukkan ke sekolah sekolah, kampus, bikin budaya baru.. yang kebarat baratan. isukan moderenitas.. dengan mengikuti pola pola barat. dari tari, nyanyi, cara berpakaian, dll.
keenam : Bikin rakyat indonesia Gelisah. caranya, gerakkkan teror teror di tanah air. berikan bom bom kecil, kecelakaan pesawat, atau kapal tenggelam atau kereta api....
ketujuh...
kedelapan...
kesembilan..

uh.. masih banyak mungkin skenario yang belum terjalankan..!!
tapi bukan itu pertanyaannya.
yang menjadi pertanyaan besar adalah siapa yang ada dibalik skenario itu...??
pastilah hal yang kasap mata.
hal yang kasat mata inilah yang saya namakan demit.

Apakah demit juga bermain politik..
lalu apa motifasinya....??
hanya kita yang bisa menjawabnya.
meski terkadang jawaban kita beragam. tetapi setidaknya kita harus potar otak..,
masak kalah sama demit..???


Read More......

AKU KEHILANGAN.........


Aku kehilangan …..
Pukul 4.30 pagi hari…
hari selasa, 10 Juni 2008
Lengkingan tangis farabi menyadarkanku dari lelap tidur yang hanya setangah jam. Entah mengapa ia tiba tiba menangis dan meminta keluar kamar. Dan diam ketika di depan kamar bapak. Sesaat kemudian ibuku menjerit.., mengatakan jika bapak telah pergi…
..
Innalillahi wainalillahi roji’un….
Bapak pergi…
Selamanya….
Tidur panjang dengan muka bersih berseri…..
Sontak dunia kurasa berputar dengan cepat…
Sekuat tenaga aku menahan tangis, agar jalan bapak menuju “Pelukkan” NYA tak ada kendala. Tapi pertahananku pecah juga ketika aku memandikannya.
Melihat sosoknya.
Sosok yang merawat dan mendidik ku Selama ini.
Yang mengenalkanku pada warna warni dunia dengan petuah, amarah, dan kasih sayangnya…
Kubasuh wajahnya yang berseri untuk terakhir kalinya..
Dengan segala rasa yang tercampur jadi satu.., ku baca doa untuknya…, kusholatkan jenasahnya…, dan aku antar hingga di depan pintu… hingga Bapak benar benar pergike tempat peristirahatnya yang terakhir.., pergi selama-lamanya….
Selamat jalan Bapak ku Sayang..
S'moga Engkau diterima Disana..
Yang memberi Hidup..,
Menjaga Mu senantiasa..



Rumah ini masih dipenuhi dengan para pelayat. Semuanya datang membawa sympati dan bela sungkawa.
Hingga sore menjelang, rumah masih belum sepi. meski sudah beberapa jam yang lalu bapak dikebumikan.
Sementara para tetangga justru yang sibuk mempersiapakan segala ritual kematian. Mulai dari memasak, mempersiapkan buat tahlil nanti malam, dan entah apa lagi.
Di sudut lain aku melihat ibuku yang tampak begitu terpukul dengan kepergian Bapak. Mungkin perasaan beliau tak jauh beda dengan yang kurasakan.
Mengapa disaat Bapak pergi, tak ada satupun dari kami yang berada disisinya. Seperti terhipnotis, kami tertidur sangat lelap.
Hingga tak menyadari bahwa bapak pergi buat selamanya.
Kepergian Bapak memang bagai orang tidur.
Wajahnya bersih sebersih pagi yang menghantarkan beliau ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Tiba – tiba ingatanku melayang ke masa kecilku.
pukul 5.30 pagi, seperti biasa suara gedoran pintu kamar dan Teriakan bapak memaksaku mengakhiri mimpi.
Bapak juga yang dulu mengantar aku ke sekolah ketika aku masih di taman kanak kanak. Bapak yang selalu memantau perkembangan prestasiku di sekolah.
Bapak yang berkoar tentang sholat lima waktu.
Di akhir pekan, bapak juga yang mengajakkku menikmati film Bioskop tak jauh dari rumah. Nonton dono kasino indro, film favoritnya.
Masih membekas kuat di ingatanku, ketika aku kesetrum, bapak yang memberikan aku susu, lalu mengajak ku kesawah, memungut buah apel yang jatuh di sela sela pohon apel tanaman bapak. Disana bapak menyuruh aku berpose, bagaikan fotografer ulung bapak memotret segala poseku di sana. Malamnya bapak selalu bercerita padaku tetang dongeng dongeng yang selalu aku rindukan…. Aku masih ingat betul, jika lebaran tiba, bapaklah yang sibuk menyisihkan uang untuk membelikanku baju baru. Menuruti semua keinginanku.., tanpa keluh…………………….

Bapak memang terkenal dengan pribadinya yang keras. Pendiriannya sangat teguh. Tak perduli waktu, bapak akan memberikan hukuman pada kami jika kami berswalah, demi disiplin anak anaknya. Kakak ku contohnya. Jam 12 malam, di guyur air dingin dan dikunci di kamar mandi, karena memaksa ikut bapak kerja. Sementara aku juga pernah merasakan hal yang sama. Ketika aku tak mau sekolah. Bapak mengguyurku dengan air dingin lalu mengunciku di kamar mandi, sampai aku berhenti menangis. Sesudahnya biasanya bapak mulai merayu dengan memberikan dongeng penghantar tidur.


Menginjak Dewasa, bapak selalu mengajakku untuk diskusi masalah masalah di sekitar kami. Mulai dari politik, hingga infotiment. Aku selalu mengingat gaya bicara bapak yang lugas, dan penuh wibawa. Yang tak bisa kulupa adalah betapa bapak sangat bersemangat jika bercererita tentang Bung karno yang memang di didolakannya. Betapa bapak bangga, pada saat mudanya, bisa bertemu dengan bung Karno setiap pagi, ketika bapak masih berkerja di Hotel selecta. Menurut bapak, sudah menjadi kebiasaan Bung Karno berjalan menyisir taman taman selecta, sambil hanya berkaus dalam saja. Bapak yang waktu itu jadi tukang kebun di selecta selalu mendekati dan berusaha ngobrol dengan sang proklamator itu. Tak heran jika bapak menyimpan buku buku koleksi tentang bungkarno dan tak pernah absent nyekar ke blitar jika ada kesempatan.


Ah.. kenangan – kenangan itu………………….
Tak bisa tertulis semua.., karena begitu banyak yang kuterima dari Bapak.
Bapak yang mengajariku untuk menjadi manusia selayaknya.
Dari bapak aku warisi keteguhan hatinya.
Dari bapak aku warisi sifat kerasnya….
Tapi aku bangga karenannya…

Di ujung Usianya, Waktu bapak tersita dengan serangan stroke yang mengerogoti tubuh tambun bapak hingga kurus kering selama 2 setengah tahun. Matanya cekung, dan rambutnya mulai penuh dengan uban. Tetapi bapak terlihat masih tegar. Tak mengeluh. Hingga penyumbatan pembuluh darah otak menghilangkan memori bapak. Di situ aku merasa telah kehilangan sosoknya sampai ajal benar benar merengut paksa Bapakku…………………………

Kini bapak memang benar benar telah pergi…
Tak kembali….
Bapak telah menemukan Dunia Baru yang dijanjikan ALLAH….
Aku yakin bapak tenang disana….
Tidur dalam pelukan dan belaian PenciptaNya…,
Setenang hembusan nafas terakhirnya..
Sesunyi, sakratul maut yang dialaminya…

Bapakku sayang…,
Selamat jalan……
Semoga Engkau Tenang disana…….,
Maafkan Dosa Anakmu yang belum sempat membalas segala yang engkau berikan…
Maafkan aku pak…..
Maafkan Aku,…..
HAnya Doa yang kukirimkan untuk membalasnya….

Tenang lah engkau disana..
BAhagialah dalam tidurmu…
TErsenyumlah disamping Rabb mu…
Selamat jalan bapak…


Dari anakmu yang sellau menyangimu……






Read More......