selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

GUN and Roses..kelembutan berbalut Rock


Well.. katanya kita sering salah menilai orang kerap juga ada orang yang hanya sekedar melihat dari tampilan luarnya saja wah.. wah.. wah.. pradikma lama tuch. mungkin nasip seperti itulah yang dialami oleh gun and roses . Siapa yang nggak kenal dengan groub satu ini…. Dibalik raungan gitarnya.., ternyata tersimpan sebuah kelembutan dan kehausan akan belaian kasih sayang orang tua. Mengapa Demikian.?? Ya iyalah.. masing-masing dari mereka.. adalah rata rata berasal dari Keluarga broken home. Gun and roses…., boleh jadi terlihat liar dan tak memperdulikan norma yang berlaku di masyarakat mereka bahkan pernah dijuluki musuh masyarakat nomor wahid. busyet.. !!!

Saya adalah termasuk penggemar pelantun Don’t cry ini…. Gak tahu kenapa, setiap mendengar musik khasnya itu, saya dipaksa untuk menyelami bait demi baitnya… Kata-ktanya seerhana, romatis.. dan nyentuh banget….!! lagu yang paling saya suka adalah sweet child O mine. Lagu ini benar benar menjadi sindiran buat mereka yang masa kecilnya kurang bahagia…..
Terdorong rasa penasaran akan sosok band legendaris yang formasi lamanya telah bubar ini…. Saya mencari banyak artikel tentang mereka dan saya tulis ulang. Tentu saja tulisan ini saya persembahkan untuk anda… pecinta Gun and Roses….



Gun and roses…, terkenal dengan keliarannya…!!! band yang digawangi oleh axel roses ini, pernah diusir dari supermarket karena mereka nampak gembel dan tak punya uang. ngenes.. banget… tapi W. axel Rose, slash, steven adller, duff Mc.Kagan dan izzy stradlin ini / tetap gigih menyatukan mimpi mereka menembus blantika musik rock amerika . kekompakan mereka terjalin karena mereka merasa senasip sepenanggungan, yakni karena masa kecil yang sama- sama tidak pernah indah. mereka melejit saat perhatian dunia hanya berpusat pada pop manis. GN’R tampil sebgai pengusung rock yang membawa sensasi berbeda dalam racikan musik romantis berbalut rock metal .
Sejarah gun n roses dimulai sekitar 1979. Slash waktu itu sudah berada di los angles . kisah perkenalannya dengan steve adler , akibat aksi kemanusiannya , yakni menolong steve yang jatuh dari sketboard . jadilah mereka sahabat dan masuk ke SMP yang sama , Bancroft junior high school. dari sini slash dan steve mulai kenalan sama gitar. Padahal, slash amat sangat tidak suka dan buta sekali memainkan gitar sebelumnya. namun karena ‘ krasan tuman’ ,/ slash bahkan belajar gitar 12 jam setiap hari . meski begitu ia tak pernah ikut kursus gitar dan semacamnya. percaya atau tidak, meski belum pandai main gitar , tapi obsesinya adalah memainkan kunci smoke on the water milik deep purple./ dan itu ia pelajari sendiri kunci- kucinya. salut buat kang slash…!!!

lain slash lain lagi steve . akibat sadar diri tak juga bisa sepiawai slash dalam memainkan gitar, cowok yang pernah dikeluarkan dari sekolah akibat ke- bandelannya ini . coba- coba menggebuk drum . jadilah aksi kompak ini mereka wujudkan dalam groub band Road crew . mereka kemudian pasang iklan mencari pemain bass yang mau bergabung dengan mereka . and.. Duff Mc.Kagan datang sebgai basis untuk mereka. sayangnya road crew tak berumur panjang . mengapa demikian.??
Roadcrew , sebenarnya tidak jelek- jelek amat . gaya musik mereka mirip sama Metalica, hanya tanpa vokal . tapi begitulah … band ini hanya seumur jagung. gara- garanya mereka mencoba mencari peruntungan masing- masing di grub musik yang berbeda . slash misalnya, mencoba mengikuti audisi yang di adakan poison, ia tak lulus karena dianggap kurang keren . ia juga mencoba keberuntungan dengan mendatangi tawaran sebuah iklan milik axl rose dan izzy stradlin . tapi ia juga kandas karena terlelu ngeblues . tapi hubungan mereka tidak berhenti sampai disana. hubungan itu pun tambah hangat saja. suatu hari, izzy dan axl berkunjung ke kediaman slash. merek a memamerkan kaset rekaman band mereka hollywood rose. tak dinyana slash tertarik dengan suara axl. Singkat kata, axl masuk ke L.A guns , tapi akibat masuknya Axl beberapa anggota band seeprti penggepuk drum dan pencabik bassnya purik . mereka memutuskan untuk keluar dari La. Guns . Demikian juga dengan Holiwood roses band , yang ditinggalkan oleh sebagian anggota bandnnya . akibat kekurangan pemain, mereka sepakat untuk menggabungkan dua band , Hollywood rose yang digawangi izzy, dengan La Guns. otomatis mereka juga menggabungkan anggota band yang ada. jadilah formasi Axl Rose, Slash, Izzy Staradlin , duff Mc.Kagan dan steve adler, dalam Gun n Roses. formasi ini terbentuk pada 6 juni 1085. setelah dua hari berlatih, maka gun n roses melakukan penampilan perdananya di Troubador. sesudahnya mereka mulai berkelana dari panggung ke panggung ,sampai akhirnya mereka menemukan markas di ruang studio gardener berukuran 4 x 4 .0 disitulah mereka meletakkan alat band mereka, malangnya ruangan itu memang hanya untuk tidur. tak ada kamar mandi, tak ada dapur, dan.. bocor pula.. !!
Di tempat kumuh dan tak layak itulah gun ‘n roses menggelar konser kecil kecilan setiap akhir pekan . Sedang sehari hari sekumpulan bocah slenge’an ini bekerja srabutan demi mempertahankan hidup. Steve misalnya bekerja sebagai tukang cuci piring, ada juga yang berprofesi sebagai pemotong rumput dan penjual pitzza. dan bahkan, axel selain bekerja sebagai sales telephone, dan penjaga rental video, dibantu slash mereka rela menjadi obyek peneliti UNCLA akibat bahaya merokok /mereka dibayar 8 dolar perjam .

Well.. nasib buruk tak selamanya berkencan dengan mereka. setelah susah-susah senangpun datang menghampiri /.VICKY HAMILTON manager pertama gun ‘n Roses mengajak mereka hijrah ke apartemennya. vicky pun mencarikan kontrak main di klab musik Roxy dan whiskey. Single pertama GN’R yag direkam sendiri Live like a Suicide laku 10 ribu biji tanpa promosi. para pemandu bakat dan produser pun berdatangan . tapi tak satupun yang cocok di hati anak- anak GN’R. mereka malah memanfaatkan ngobrol dengan para produser agar mendapatkan makanan garatis.

than… Singkat kata mereka bertemu dengan TOM ZUTAUT DAN TERESA ensenant dari A &R. kesepakatanpun diraih.GN’R menandatangani kontrak rekaman APPETITE FOR DESTRUCTION pada 25 Maret 1986 . album ini dirilis setahu kemudian . namun sayang hasil penjualannya tak begitu menggembirakan.

Single APPETITE FOR DESTRUCTION membutuhkan waktu sekitar 10 b ulan untuk masuk ke bilboard 100. Kondisi itu baru berubah setelah lagu welcome to the jungle menajdi tema film dead pool yang dibintangi clint eastwood. Setelah peredaran film itu welcome to the junggle sering diudarakan stasiun radio fm. Sedang video klip mereka sering ditayangkan di MTV .
sejak itulah nama GN’R mulai diperhatikan musik dunia .namun sayang insiden demi insiden terjadi sesudahnya. anak – anak GN’R sempat mengamuk setelah pertunjukan di dalas. slash mengahancurkan kamar hotel Double tree, tempat mereka menginap dengan alasan saat itu ia sedang mabuk berat. dan tak hanya itu saja , urusan dengan polisi kembali terjadi saat mereka tampil di cat house. saat itu axl melihat salah satu penonton dipukul oleh petugas keamanan. secara spontan axel langsung turun dan mengahantam petugas keamanaan itu. wah.. wah.. ada ada aja ya….
GN’R memang sudah merebut hati publik rock . merekapun sempat menyamai prestasi ledzeplin pada tahun 1989.


2 coment:

  1. faisal mengatakan...
     

    bisa lebih lengkap lg ga profilnya g n r

  2. Anonim mengatakan...
     

    THANX YAAA MASIH ADA YG SUKA MA NIH GRUP...

    GW PUNYA VIDEO KLIP TERBARUNYA DARI KONSER ROCK AM RING 2006 DI GERMAN DGN PERSONEL2 BARUNYA....

    KALO PADA MAU SIAPIN AJA Rp,100.000, tp sebelumnya silahkan e-mail ke fedle_duo@yahoo.co.id

Posting Komentar