selamat membaca

jika tidak bisa berbuat dengan tindakan, cukuplah dengan lisan. pun lisan tak bisa berkata..., mudah mudahan tulisan bisa mewakilkan..

quote

Orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. tapi mereka yang menyadari kesalahan lalu membuat segalanya lebih baik, pantas disebut orang baik.

MENELUSURI EKSOTIKA KELURAHAN SONGGOKERTO KOTA BATU


Hari masih pagi, matahari pun belum sepenuhnya memberikan kekuatan sinarnya.
Siapapun sepakat suasana pagi ini memang sangat mempesona.
Dan pagi pun menyapa masyarakat kelurahan songgokerto yang kembali dengan rutinitasnya …

Hari itu berjalan seperti biasa. Tak banyak yang berubah. Pagi ini disambut gembira oleh bocah – bocah manis yang kembali bebas bermain, di kampung yang memberi pengayoman untuk tumbuh, dan berkembang pada masa kanak kanak mereka.

Selamat pagi songgokerto…,
Damai sekali suasana pagi ini.,
Tak banyak yang tahu, bahwa salah satu dudut kota batu ini, banyak menyisakan kenangan akan romantisme sejarah masa lampau.disetiap sudutnya., dan disinilah kita berpelisir. Mencoba menguak lebih dalam, apa yang tersimpan di sana…


Segar sekali udara di tempat ini. Sebuah tempat dimana biasa para atlit paralayang mulai take off. Dari sini, saya bebas melihat pemandangan kota batu yang memang sangat cantik. Tak bosan rasanya melewatkan waktu di tempat ini. Saya biarkan saja, angin bertiup mempermainkan rambut saya.

Seolah terhipnotis dengan suasana, saya terus saja menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menikmati pemanangan yang sangat lapang dan lega itu. dari tempat saya berdiri, dan Sejauh mata memandang, yang terkihat adalah susunan rumah yang teratur rapi, di sela warna hijau pepohonan.

Saya mencoba berjalan di atas ketinggian itu. Menikmati setiap jengkal tanahnya. Dalam hati saya berdecak kagum. pantas jika Batu di berikan pujian banyak pihak karena keindahannya memang tak bisa diragukan lagi.. ck ck ck.. Luar biasa

Kelurahan songgokerto merupakan kelurahan yang berada di wilayah perkotaan dengan ketinggian 900 hingga 1010 meter dari permukaan laut. Curah hujan rata- rata pertahun antara 2000 hingga 3000 mm, dengan suhu rata- rata 22 hingga 24 derajat celcius.

Dalam pembagian kewilayahan, kelurahan songgokerto terbagi atas 3 wilayah lingkungan. antara lain: Krajan atau klumutan, tambuh serta songgoriti. Lingkungan yang tersebar di wilayah kelurahan tersebut masing-masing terdiri dari 9 rukun warga dan 29 rukun tetangga.

Perbatasan daerah dengan luas sekitar 5 hektar ini, pada sisi utara berbatasan dengan kawaasn perhutani dan desa sumberjo, pada sisi sebelah timur berbatasan dengan desa pesanggrahan , sisi sebelah selatan berbatasan dengan kawasan perhutani sedang sisi sebelah barat berbatasan dengan kawasan songgoriti.

Songgokerto, berasal dari kata songgo yang berarti menyangga dan kerto yang berarti baik. Sehingga songgokerto mempunyai arti penyangga kebaikan. Konon, awalnya songgokerto adalah gabungan dari 3 desa. Yakni desa tambuh, desa klumutan dan desa songgoriti, yang masing- masing didirikan oleh mabh singo brojo, mbah supo dan RA sutinah yang kemudian dikenal sebgai mbok rondo kuning. Dan seiring dengan pergantian waktu, 3 dari keturunan tokoh tersebut, sepakat menjadikan 3 desa tersebut menjadi satu, yakni, songgokerto yang kita kenal hingga sekarang.

Satu hal yang paling menarik dalam perjalanan saya berpelisir di kawasan kelurahan songgokerto, ini adalah ketika saya mencoba mencari tahu sejarah kawasan yang masih hijau segar itu. ternyata tempat ini mengangung banyak sekali nilai hostrikal yang menawarkan romatime sejarah masa lampau.
Pertama-saya berkunjung ke rumah pak jayadi, salah satu sesepuh desa ini, yang dianggap tahu tetang sejarah songgokerto, kususnya dukuh klumutan.

Nah.. Disini saya banyak mendapatkan keterangan tentang kawasan songgokerto. Setalah berbincang- bincang dan mendapatkan banyk info, perjalanan saya berlanjut untuk berkunjung ke tempat pak sunaryo. Beliau juga merupakan sesepuh desa, dan juga dianggap banyak tahu tentang wilayah songgokerto.

Tak lama saya dan beliau berangkat menuju ketempat punden mbok rondo kuning, Punden berarti sesuatu yang di pundit- pundi, atau seseorang yang di agung –agungkan. Mbok rondo k,uning bernama asli Raden ayu Sutinah, seorang pelarian dari kerajaan mataram. Ia kerap sekali menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan. Hingga tempat ini menjadi salah satu pesanggrahan, yang di
Wah.. ternyata untuk menuju kesana, nggak gampng loh…, . Kami harus melintasi area pesawahan yang hijau segar. Dan karena saya pakai sepatu fantovel, saya terpaksa harus melepas sepatuh dan membiarkan kaki saya bersentuhan langusng dengan lumpur. Tapi asik juga yaa..….

Akhirnya sampai juga saya dan pak marino di punden mbok rondo kuning. Tempat ini kurang lebih seluas 10 meter persegi. Terletak di area pesawahan yang luas. Menurut legenda, disinilah mbok rondo kuning kerap melepas lelah dan beritirahat. Coba lihat sesajen yang ada disana. Sesajen ini mempunyai arti sendiri- sendiri loh…, Rangakaian sesajen ini mengandung arti akan cikal bakal dan akal bakal. Yang artinya bibit tanam tuwuh dan asal muasal dukuh klumutan. Punden juga identik dengan pohon beringin. Meski tidak sebesar pohon beringin di setiap punden kebanyakan, namun pohon beringin ini mempunyai arti, yakni sebagai simbul pengayoman. Dipercaya bahwa pohon beringin adalah sebagai simbul kawula atau perlindungan akan keselamatan desa.

O’ya disana saya juga menemukan watu gilang. Batu ini berbentuk pipih dan terdapat lubang, mirip dengan dakon. Konon mbok rono kuning, sering main dakon di tempat ini di sela- sela waktu istirahatnya. Saya pun iseng berdakon di atas batu itu,
Akhirnya, saya dan pak mariono, kembali meneruskan perjalanan. Kali ini saya pergi ketempat sumber dawuan, dan lagi – lagi saya harus melepas sepatu kerena tak mungkin rasanya melintasi area persawahan ini dengan memakai sepatu fantovel. Di sepanjang perjalan itu pak mariono terus bercerita mengenai sejarah songgokerto dan tentang sumber yang akan kita kunjungi sesaat lagi..

Tak lama saya sampai di sumber dawuan. Ditempat iini juga terdapat sesajen. Sumber dawuan adalah sumber babakan. Kepercayaan masyarakt setempat, menyebutkan bahwa di sumber ini merupakan lambang, kesuburan dan rejeki dusun klumutan.
Terdorong rasa penasaran dengan cerita pak mariono tentang, khasiat air sumber dawuan , yang bisa menyembuhkan berbgai penyakit dan dapat bikin awet muda ini , saya jadi pengen merasakan kesegaran dan pengen mengunduh khasiat dari air sumber dawuan ini. Apa salahnya di coba..siapa tahu bisa awet muda beneran.. ya nggak… ???

Saya terus berpelisir. Kali ini saya ke tempat yang mempunyai muatan historikal yang cukup tinggi di kawasan kelurahan songgokerto ini. Yakni gudang tempat pernyimpanan persenjataan di dukuh tambuh.
Tak banyak yang tahu tempat ini. padahal, tempat dengan lebar setengah meter dan tinggi satu meter ini, mempunyai muatan sejarah yang cukup penting. Disini, pernah tersimpan persenjataan belanda, pada saat jaman VOC kala itu.masalah usia, pasti sudah ratusan tahun lamanya.
Kebetulan sekali saat saya berpelisir di area songgokerto, disni sedang di dakan bersih desa. Bersh desa adalah sebuah ritual atau selamatan, yang tujuannnya adalah untuk mengucap rasa syukur atas keselamatan dan keberkahan desa yang diperoleh. Salah satu caranya adalah dengan menggelar arak – arakan seperti ini.
Menurut cerita pak jayadi, acara selamatann seperti ini kerap igelar di songgokerto. Bentuk selamtan pun berbeda. Misalnya, selain selamatan desa, juga di gelar selamatan untuk memperingati satu uro. Dan bila tak diperingati, atau tidak diselamati, maka akan ada saja bencana yang melanda. Seperti kesurupan.

Salah satu tempat yang membuat songgokerto begitu terkenal adalah karena adanya kawasan wisata songoriti. Bagi anda yang asli batu pasti tak asing dengan nama ini kan..? songgoriti adalah nama salah satu dukuh dI kelurahan songgokerto. Dan pastinya saya tak mau melewatkan waktu tanpa mengunjungi kawasan satu ini. Tapi perjalanan saya terhenti di sebuah pesarehan mbah patok. . Lagi – lagi kita ditemukan dengan sebuah legenda. Ditempat ini terdapat makam mbah patok, yang di percaya sebagai kerabat mpu supo.


Wah.. pintunya ternyata terkunci. Sayang sekali. Saya tak bisa masuk kedalam. Kamera kami hanya bisa membidik melalui candela- candela kecil yang memutari bangunan itu.
sebelum kita intips kedalam, coba lihat sesajen yang ada disana. Adanya sesajen ini, membuktikan bahwa tempat ini memang dikeramatkan dan tak boleh sembrangan orang memasukinya.

Mbah patok adalah salah satu sesepuh pendiri, kawasan ini. Beliau adalah salah satu prajurit mataram, yang melarikan diri dari jawa tengah pada sekitar abab ke- 17. keberadaan mbah patok di agungkan hingga sekarang. Layaknya leluhur yang harus dihormati, warga sekitar kerap melakukan ritual pemberian seajen dan permohonan doa- doa untuk keelamatan dan keberkahan lingkungan songgokerto.

Pelisir pun kembali saya lanjutkan., satu lagi peninggalan bersejarah yang saya jumpai. Peninggalan bersejarah ini berupa salah satu candi tertua di jawatimur. Candi ini bernama candi songgoriti atau yang lebih di kenal dengan nama candi supo, candi ini termasuk peninggalan jaman pra sejarah. Cani supo diirikan pada masa pemerintahan mpu sendok. Yang menarik, disini terdapat sumber air panas, yang menjadi daya tarik, candi ini.
Asal tahu saja bahwa candi supo merupakan salah satu candi tertua di jawatimur. Di sini terdapat patung gajah mada, yang bentuknya usdah tak beraturan . sayang memang, beberapa sisi candi seperti tak terurus lagi. Banyak bangunan candi yang sudah mulai aus, karena dimakan usia.
Candi supo sengaja dibangunn di kawasan ini, karena tempat ini merupakan palung antara gunung arjuno dan gunung kawi. Salah satu kekayaan bermuatan historikal yang memang layak di pertahankan bukan..?? //
Sekarang saya ada dipasar songgoriti. Pasar songgoriti adalah salah satu pasar yang dipunyai oleh kota Batu. Disini para turis domestik maupun mancanegara, bisa berbelanja, untuk memebeli souvenir sebagai oleh –oleh.


Barang- barang yang dijual di pasar inipun beragam. Mulai dari hewan peliharaan, sayur mayur hingga barang – barang rumah tangga dan kerajinan tangan. Soal harga, nggak jauh beda kok dengan pasar umum lainnya. Disini kita bebas memilih souvernir apa yang akan dibawa pulang sebagai oleh – oleh. Mau mencoba..?


Kalau sudah ke daerah songgoriti, tak lengkap rasanya, jika kita tidak menuju ke taman rekreasi songgoriti. Tempat ini memang sangat terkenal. Bahkan gaungnya hingga nyampai di luar jawa. Jika ingin rekreasi ke daerah batu, songoriti biasanya menjadi salah satu tujuan wisata.

Sayang sekali saat saya berkunjung ke kawasan ini, ternyata tidak seramai yang saya bayangkan. Mungkin karena bukan hari libur kali ya.., tetapi ada saja beberapa pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya di taman wisata ini.

Taman wisata songgoriti menyediakan fasilitas untuk anda yang demen sekali berenang. Kolam renangpun disediakan untuk aanak – anak dan orang dewasa. Coba bayangkan jika kita berada di tengah birunya kolam renang itu. Wiuh.. segar, kali ya…

suasana songgoriti siang itu memang sangat terik, tapi ternyata tak menghalangi pengunjung untuk berwisata. Naik perahu misalnya. Sekedar berputar- putar di danau buatan ini. Buat yang takut kulitnya gosong, cukup melihat saja, sambil berteduh. Seperti yang yang lakukan

Bicara tentang songgokerto, kita akan dingatkan dengan peristiwa nasional yang sangat megejutkan. Yakni peristiwa terbunuhnya gembong teroris yang paling dicari, Dr. Ashari.
Ternyata meski peristiwa menggegerkan itu sudah lama berlalu, tetapi puiing- puingya masih terlihat.
Inilah rumah yang dihuni oleh dr. asahari, dkk itu. Siapa sangka kalau di tempat ini pernah terjadi peristiwa yang menyita perhatian bangsa ini.
Pemerintah kota Batu memang sengaja mengabadikan tempat ini, dengan tidak membugar dan merubah seikitpun puing – puing itu.
Termasuk, membiarkan police line-nya tetap melingkari rumah di kawasan flamboyan itu. Praktis tempat ini, juga menjadi aset wisata, karena punyai nilai histroikal yang cukup penting

Malampun menjelang.., tanpa terasa sudah seharian saya berpelisir di kawasan ini. Songgokerto. Nama yang tak asing bagi penuduk kota ini. Pemandangan malampun pun tak kalah cantiknya dengan suasana pagi ataupun siang hari.
Suasana Batu di malam hari memamang menawarkan romatisme yang luar biasa. Wah.. wah… saya merasa betah isini. Meski tak hanya sekali dua kali saya pergi ketempat ini. Tapi rasa-nya tak bosan-bosannya berada disini.

Saya bersama teman – teman terus melanjutkan penelisiran kami.
Dan yang berikut tak kalah seru. Kami menapaki kawasan payung. Kawasan yang menjadi kebanggaan kota agropolitan ini. Diinilah tempat untuk anda yang suka menghabiskan malam, dengan sajian menu-menu special.
Yang khas anda bisa menikmati jagung bakar disini.

Atau dengan segelas kopi pahit. Huuh… kebayang kan menikmati jagung bakar, sambil minum kopi ditengah udara dingin yang mengusik…?? Mmm nikmaatt sekali…,

Akhirnya kami melanjutkan perjalanan, untuk menuju ke salah satu KV romantis yang terletak di kawasan songgkerto ini, yakni seulawah KV.
Begitu datang saya dan teman- teman, langusng disambut dengan nuasna romantis yang sengaja diciptakan.
Tapi karena saya merasa sangat penat, dan ingin beristirahat sebentar, saya langsung menuju ke salah satu kamar di KV ini, yang telah saya pesan sebelumnya. Istirahat sebentar, sambil menunggu makan malam….


Yup.. saatanya makan malam…, waah suasana disini memang romantis. Remang-remang dan suaana malmnya kental sekali terasa. anda yang suka dengan remangnya kv, sepertinya tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan anda untk berpelisir.
Disinilah saya menghakhiri penelisirn saya, dengan menikmati diner di seulawah KV..

Sampai disini , saya melewatkan malam yang terus berjalan…..


3 coment:

  1. Anonim mengatakan...
     

    sangat menarik sekali tentang perjalan anda dan menyusuri sejarah yg sangat berarti bagi kita,...saya sebagai keturunan dari Rd Sutinah sangat menghormati Anda thanks.


    salam Hormat

    NR.S.Renggowiryono

  2. sunandar mengatakan...
     

    nice blog ,,this is my first time i visit your site...hope i'll learn much about information on your site..regards

  3. batumalang mengatakan...
     

    Pengalaman yang sangat menakjubkan...

    Update dong...dah 2012 nih...;)

Posting Komentar